Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan BTS Telkomsel Sudah Layani Wilayah 3T Sumatra

Telkomsel telah menghadirkan pemerataan akses jaringan broadband 4G/LTE di wilayah 3T yang ada di wilayah Sumatra
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berkomitmen terus menghadirkan pemerataan akses infrastruktur dan kualitas broadband 4G/LTE di wilayah Sumatera sepanjang 2021.

Vice President Network Operation & Quality Management Sumatera Telkomsel Iswandi menjelaskan, lebih dari 300 BTS telah digelar untuk memberikan akses layanan komunikasi dan broadband di wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) di Sumatra.

"Fokus pengembangan jaringan yang dilakukan Telkomsel di tahun ini tertuju pada peningkatan pengalaman gaya hidup digital pelanggan di wilayah Sumatra melalui pemerataan jaringan broadband 4G/LTE yang cepat dan andal," ujarnya dalam siaran pers Jumat (5/3/2021).

Dia menjelaskan, Telkomsel telah menghadirkan pemerataan akses jaringan broadband 4G/LTE di wilayah 3T yang ada di wilayah Sumatra seperti Kepulauan Mentawai, Nias, Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, Musi Rawas Utara, dan Pesisir Barat Provinsi Lampung.

Jaringan Telkomsel yang ada di wilayah tersebut merupakan bagian dari proyek BTS universal service obligation (USO), yaitu upaya kolaboratif bersama Badan Aksesibilitas dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) dalam mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband di seluruh Indonesia. Upaya tersebut juga menjadi kontribusi Telkomsel dalam mendukung usaha pemerintah untuk menyediakan jaringan 4G/LTE di seluruh desa pada 2022.

Sebagai connectivity enabler, lanjut dia, Telkomsel telah menghadirkan jaringan broadband 4G/LTE di 33 kota dan kabupaten yang ada di wilayah Sumatra dan sekitarnya.

Telkomsel melihat tingginya kebutuhan masyarakat di wilayah Sumatra dalam memanfaatkan layanan broadband dari perseroan. Hal itu menunjukkan bahwa adopsi gaya hidup digital masyarakat semakin meningkat apalagi di momen pandemi seperti saat ini.

Telkomsel akan terus berupaya melakukan penambahan dan peningkatan kapasitas kecepatan jaringan 4G/LTE di sepanjang 2021. Tujuannya, mendukung kenyamanan akses broadband, membuka lebih banyak peluangdan kesempatan bagi masyarakat dalam meningkatkan produktifitas serta memaksimalkan aktivitas kesehariannya.

Di sisi lain, trafik layanan data atau payload di wilayah Sumatra saat ini juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Telkomsel melihat lonjakan kebutuhan akses layanan broadband tersebut menjadi sesuatu yang positif dalam meningkatnya perkembangan ekosistem digital di Indonesia.

“Di 2021, Telkomsel optimistis untuk selalu menghadirkan jaringan dengan kualitas yang prima di wilayah Sumatera dan sekitarnya. Kami yakin di tahun ini juga pertumbuhan layanan data atau payload akan terus meningkat seiring dengan tingginya adopsi layanan digital pelanggan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper