Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Kabupaten di Sumsel Siaga Bencana Banjir dan Longsor

Status siaga ini berlaku hingga masa musim hujan berakhir.
Seorang warga mengunakan perahu sebagai alat transportasi di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan, yang terendam banjir sejak, Sabtu (20/2/2021)./Antararn
Seorang warga mengunakan perahu sebagai alat transportasi di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan, yang terendam banjir sejak, Sabtu (20/2/2021)./Antararn

Bisnis.com, PALEMBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menetapkan status siaga bencana banjir dan longsor di enam kabupaten.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah di Palembang, Sabtu (20/2/2021), mengatakan penetapan ini berdasarkan hasil pemetaan terhadap daerah rawan bencana pada masa musim penghujan.

Keenam daerah itu adalah:  Kabupaten Musi Banyuasin yang meliputi Batang Hari Leko, Babat Toman, Sanga Desa, Plakat Tinggi, Sungai Keruh, Lais, Sekayu, Lawang Wetan.

Kemudian, Kabupaten Musi Rawas Utara meliputi Nibung, Rawas Ulu, Ulu Rawas, Karang Jaya, Rupit, Rawas Ilir, Karang Dapo. Kabupaten Musi Rawas yang meliputi Muara Lakitan, Muara Kelingi, Bulang Tengah Suku Ulu.

Selanjutnya, Kabupaten Muara Enim meliputi Ujan Mas, Gunung Megang, Rambang Dangku, Muara Enim, Benakat, Belimbing. Lalu, Kabupaten Lahat yang meliputi Merapi Timur dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang meliputi Talang Ubi, Tanah Abang, Penukal, Penukal Utara.

“Status siaga ini berlaku hingga masa musim penghujan berakhir,” kata dia.

Penetapan status siaga bencana banjir dan longsor juga merujuk pada hasil pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Oleh karena itu, wilayah yang masuk dalam kawasan bencana harus dipersiapkan pada langkah-langkah mitigasi dan antisipasi.

Adapun perkiraan dampak, di antaranya sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian kelompok masyarakat terisolir, kerusakan rumah dan bangunan lainnya, sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak.

Kemudian, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, gangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup, kerusakan pada jalan dan jembatan, gangguan skala sedang dan jangka menengah pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas, gangguan skala sedang dan jangka menengah pada operasional sekolah dan rumah sakit.

Lalu, kerusakan pada tanggul-tanggul sungai, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, wabah penyakit menular, volume aliran sungai meningkat/banjir, kerusakan tanaman, hingga terjadi pendangkalan pada sungai dan bendungan hingga tidak berfungsi.

Karenanya, masyarakat diimbau berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial dan mengamankan dokumen-dokumen penting.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang, Nandang Pangaribowo menjelaskan musim hujan di wilayah Sumsel terjadi sampai Maret bahkan pertengahan April.

“Saat ini masuk puncak musim hujan (Januari, Februari, Maret), dan dalam satu pekan ke depan akan terjadi kondisi cuaca yang signifikan di semua wilayah Sumsel,” jelasnya.

Kondisi ini harus diwaspadai, khususnya daerah potensi rawan longsor di wilayah Sumsel bagian barat, yakni di Muara Enim, Pali, OKU Selatan, Pagaralam, dan Musi Rawas Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper