Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Massal di USU, Rektor: Universitas Punya Kewajiban

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Oscar Primadi mengapresiasi keikutsertaan USU di Sumut bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumut, Dinkes Kota Medan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, dan Politeknik Kesehatan dalam pencanangan pekan vaksinasi tersebut.
Vaksinasi massal di Pendopo USU, Rabu (10/2/2021)./Bisnis-Cristine Evifania Manik
Vaksinasi massal di Pendopo USU, Rabu (10/2/2021)./Bisnis-Cristine Evifania Manik

Bisnis.com, MEDAN - Memasuki Pekan Vaksinasi Covid-19 Sumatra Utara, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut menyelenggarakan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) massal di Gedung Pendopo Universitas Sumatra Utara (USU), Kamis (10/2/2021).

Rektor USU Muryanto Amin mengatakan kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan USU karena institusi pendidikan ikut bertanggung jawab dalam penanganan Covid-19.

"Universitas harus masuk di wilayah itu, untuk memberikan penyadaran di masyarakat mendekatkan antara pemerintah dan masyarakat agar ini bisa terjalin relasi memberikan pemahaman yang cukup kuat mengenai vaksin. Itu peran dari USU," kata Muryanto, Kamis (10/2/2021).

Ke depannya, ia berjanji akan membentuk satuan tugas (satgas) khusus di USU yang bertugas memberikan informasi kajian-kajian epidemiologi yang dikerjakan oleh USU.

"Saya akan membentuk satu satgas yang tetap untuk bisa memberikan informasi secara berkala kepada media untuk bisa disampaikan kepada masyarakat kedepannya begitu. Nanti setiap yang berkaitan dengan Covid ini kita akan langsung sampaikan kepada teman media," imbuh Muryanto.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Oscar Primadi mengapresiasi keikutsertaan USU di Sumut bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumut, Dinkes Kota Medan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, dan Politeknik Kesehatan dalam pencanangan pekan vaksinasi tersebut.

Oscar optimistis dalam kurun waktu 300 hari, target 360 juta kali penyuntikan akan tercapai. Vaksinasi akan dilakukan setiap hari, termasuk hari Sabtu dan Minggu.

"Karena kalau sekarang mau mengejar angka 300 hari untuk 360 juta penyuntikan itu tidak ada hari libur sebetulnya. Sabtu dan Minggu pun kawan kawan ini terus jalan," katanya.

Adapun, vaksinasi massal di USU diikuti oleh 2.715 orang peserta vaksin. Terdapat delapan fasilitas kesehatan yang bergabung, yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Rumah Sakit (RS) USU, RS Pirngadi, dan lima puskesmas di Kota Medan.

Selanjutnya, Pekan Vaksinasi di Sumut akan dilaksanakan mulai Kamis (11/2/2021) hingga Rabu (17/2/2021) mendatang. Kegiatan ini merupakan inovasi Satgas Penanganan Covid-19 Sumut untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper