Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dalam Sebulan, Hanya Ada 54 Kunjungan Wisman ke Sumut

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Utara mencatat terdapat 54 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatra Utara pada Desember 2020.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Utara mencatat terdapat 54 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatra Utara pada Desember 2020.

Jumlah ini mengalami kenaikan 22,73 persen atau bertambah 10 kunjungan dibanding bulan November, sebanyak 44 kunjungan.

Bila dibandingkan dengan Desember 2019 (yoy), jumlah wisman pada bulan Desember 2020 mengalami penurunan 99,78 persen. Pada Desember 2019 terdapat 24.113 kunjungan ke Sumut.

“Jumlah ke-54 kunjungan ke Sumatra Utara semuanya melalui Bandara Kualanamu,” kata Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi, Selasa (2/2/2021).

Terdapat empat pintu masuk perjalanan internasional di Sumut, yaitu Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan, Bandara Silangit, dan Pelabuhan Tanjungbalai Asahan.

Syech menyatakan penurunan kunjungan wisman terbesar terjadi pada jumlah wisman yang datang melalui Pelabuhan Tanjungbalai Asahan dan Bandar Udara Silangit. Masing-masing turun sebesar 100,00 persen.

Bila dilihat dari negara asal, kunjungan wisatawan dari Malaysia memberi andil terbesar dari total kunjungan wisman ke Sumut pada Desember 2020, yaitu 21 kunjungan atau 38,89 persen dari total kunjungan.

“Kemudian dari Sungapura ada empat kunjungan, dari India juga empat kunjungan, dan Australia serta Thailand dengan dua kunjungan,” imbuh Syech.

Sebelumnya, BPS Sumut sempat mencatat jumlah kunjungan WIsman ke Sumut pada di bulan November mencapai 1.366 kunjungan. Hal tersebut tertuang dalam Berita Resmi Statistik Januari 2021.

Tim humas BPS Sumut menyatakan terjadi kesalahan pengetikan pada data tersebut, sehingga jumlah kunjungan wisman pada November 2020 yang benar adalah 44 kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper