Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wagub Sumbar Terbang ke Lokasi Bencana Sulbar Bawa Rendang

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat tengah mempersiapkan sejumlah bantuan untuk korban gempa di Provinsi Sulawesi Barat.
Noli Hendra (k56)
Noli Hendra (k56) - Bisnis.com 30 Januari 2021  |  20:25 WIB
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat diwawancarai awak media di Padang, Jumat (29/1/2021).  - Bisnis/Noli Hendra
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat diwawancarai awak media di Padang, Jumat (29/1/2021). - Bisnis/Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat tengah mempersiapkan sejumlah bantuan untuk korban gempa di Provinsi Sulawesi Barat.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan akan berangkat ke Mamuju Sulbar pada Senin (2/2/2021) bersama Biro Kerja Sama Pembangunan dan Rantau Setdaprov Sumbar, Biro Bina Mental, dan Kesra Setdaprov Sumbar, serta pihak Baznas Sumbar.

"Kami akan membawa bantuan awal ini sebanyak Rp500 juta. Ke depan bantuan ini akan terus berlanjut. Begitu juga untuk rendang, kami juga akan membawa rendang, cuma jumlahnya bisa dipastikan sekarang," katanya, ditemui di Padang, Jumat (29/1/2021).

Dia menyebutkan alasan memberikan bantuan dari bentuk uang, karena hal ini juga sesuai dengan perantau Minang yang ada di lokasi bencana tersebut.

Mereka berencana, bila ada bantuan dalam bentuk uang, bisa untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak akibat gempa tersebut.

"Jadi mereka meminta bila ada bantuan, harap dalam bentuk uang saja. Karena bisa digunakan untuk perbaikan rumah yang rusak. Kalau untuk makanan dan lainnya, telah ada di posko pengungsian," jelas Wagub.

Nasrul Abit mengatakan setelah berangkat ke Mamuju pada hari Senin mendatang itu, diperkirakan dia akan berada di lokasi pengungsian selama 3 tiga hari.

Tujuan kedatangannya langsung ke Mamuju yakni untuk melihat dan memastikan secara langsung kondisi perantau Minang yang turut terdampak dari bencana gempa tersebut.

"Jumlah perantau Minang yang ada di Mamuju itu sekitar 250 KK. Tidak ada perantau Minang yang jadi korban. Namun kini seluruhnya berada di tenda pengungsian," ungkapnya.

Nasrul Abit mengatakan selain itu nantinya juga akan ada bantuan secara keseluruhan dari Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) lewat kapal kemanusiaan tanggal 10 Februari. Artinya ada dua kali bantuan kesana.

Direncanakan, rombongan dari Pemprov Sumbar sepulang dari Sulbar, juga akan melihat perantau Minang yang ada di Kalimantan Selatan yang juga terdampak bencana banjir.

"Rencana ini bila memungkinkan, direncanakan nanti rombongan juga bergerak ke Kalimantan Selatan untuk melihat korban banjir," tutup dia. (k56)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa sulbar
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top