Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEO PTPN V Terpilih Pimpin GAPKI Riau Periode 2021-2025

Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko K Santosa terpilih memimpin Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau periode 2021 hingga 2025.
CEO PTPN V Jatmiko K. Santosa memberikan sambutan setelah terpilih secara aklamasi sebagai ketua Gapki Cabang Riau Periode 2021-2025 dalam Musyawarah Cabang Gapki Riau ke VI di Pekanbaru, Rabu (16/12/2020).
CEO PTPN V Jatmiko K. Santosa memberikan sambutan setelah terpilih secara aklamasi sebagai ketua Gapki Cabang Riau Periode 2021-2025 dalam Musyawarah Cabang Gapki Riau ke VI di Pekanbaru, Rabu (16/12/2020).

Bisnis.com, PEKANBARU – Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko K Santosa terpilih memimpin Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau periode 2021 hingga 2025.

Dia menggantikan Plt Ketua Gapki Cabang Riau periode sebelumnya, Lichwan Hartono, setelah terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang GAPKI Riau ke VI yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (16/12/2020).

Jatmiko mengucapkan terimakasih atas kepengurusan yang lama serta berkomitmen akan memajukan Gapki melalui soliditas antar anggota.

"Terimakasih kepada Ketua dan pengurus Gapki Cabang Riau periode 2017-2020 yang menurut kami sudah luar biasa memimpin Gapki di masa-masa sulit," kata Jatmiko, dari keterangan resmi.

Dia menilai jika dilihat dari luasan, anggota Gapki Cabang Riau belum mewakili luasan yang ada. Sehingga bagaimana kedepannya dapat menarik pengusaha kelapa sawit di Riau untuk bergabung. Tentu harus mampu menunjukkan adanya nilai tambah jika bergabung dengan Gapki.

Sebab itu, dia telah memiliki sejumlah program kerja penting dalam memajukan Gapki serta memberikan kontribusi positif bagi seluruh stakeholders dan negara. Akselerasi program PSR menjadi poin utama.

"Kita akan berupaya mengakselerasi program peremajaan sawit rakyat. Ini bukan hanya pengabdian, tapi juga manfaat kita buat petani dan merupakan peluang dalam supply chain serta membesarkan industri sawit secara keseluruhan," jelasnya.

Jatmiko juga menyampaikan dukungan kepada Gapki Pusat dalam memberikan masukan dan saran kepada pemerintah atas aturan perundang-undangan yang berkaitan dengan industri. Untuk itu menurutnya perlu bersinergi dengan pemerintah daerah.

"Kita akan mengawal peraturan-peraturan daerah yang menjadi turunan dari aturan pusat tersebut," tukasnya.

Selain program-program tersebut, Jatmiko turut menyatakan ke depan Gapki akan terus proaktif terlibat dalam penetapan harga TBS di Provinsi Riau sesuai dengan Pergub yang akan disahkan, terutama terkait penetapan harga tandan buah segar sawit mitra swadaya, serta mengkoordinir bantuan dari anggota melalui program CSR untuk penanganan pandemi Covid-19 di Cabang Riau.

Selanjutnya, Jatmiko yang sukses menyabet penghargaan Top CEO in Digital Transformation for Agro Palm Oil Industri 2020 turut fokus pada pencegahan Karhutla bersama pemerintah provinsi Riau secara berkelanjutan.

"Kami juga berkomitmen mendorong seluruh anggota GAPKI dalam penerapan sertifikasi ISPO dan RSPO," ujarnya.

Ketua umum GAPKI Joko Supriyono menyebutkan GAPKI Riau sudah waktunya untuk muncul di kancah nasional. Sebagai provinsi dengan perkebunan sawit terluas di Indonesia dengan total mencapai 3,4 juta hektare, Riau menjadi andalan Indonesia, terutama dari sisi devisa yang kini berhasil menjaring US$ 15 miliar melalui ekspor produk kelapa sawit.

Meski begitu, dia mengatakan masih cukup banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Termasuk salah satunya terkait program peremajaan sawit rakyat. Pesannya agar program PSR yang telah diusung PTPN V dapat ditularkan ke seluruh anggota GAPKI yang terdiri dari beragam perusahaan sawit di Bumi Lancang Kuning.

"Saya berharap agar program PSR dipercepat. PTPN V yang telah melaksanakan PSR agar dapat menularkan apa yang telah dilakukan. Untuk itu, lakukan sinergi dengan multi stakeholders, terutama pemerintah provinsi dan kabupaten agar terus ditingkatkan," ujarnya. (K42)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eko Permadi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper