Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musi Banyuasin Tetapkan Kawasan Industri Hijau di Sungai Lilin

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berencana menetapkan Desa Mulyo Rejo, Kecamatan Sungai Lilin, sebagai lokasi kawasan industri hijau.
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex. istimewa
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berencana menetapkan Desa Mulyo Rejo, Kecamatan Sungai Lilin, sebagai lokasi kawasan industri hijau.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan setelah penetapan lokasi, maka pemkab langsung membuat master plan untuk kawasan industri hijau pada tahun depan.

“Kami melibatkan tim dari Universitas Sriwijaya untuk penyusunan studi kelayakan termasuk pula pemilihan lokasi kawasan,” katanya, Rabu (16/12/2020).

Menurut dia, pembangunan Kawasan Industri Hijau bertujuan untuk mewujudkan Industri yang berkelanjutan.

Konsep berkelanjutan tersebut, Dodi melanjutkan, juga berguna untuk efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya alam, sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelangsungan dan kelestarian fungsi lingkungan hidup.

“Dan tak kalah penting industri hijau yang berkelanjutan itu juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Peneliti Kawasan Industri Hijau dari Unsri, Syamsurijal, mengatakan pihaknya selama tiga bulan terakhir menyusun studi kelayakan.

Menurut dia, Kabupaten Muba sudah saatnya memiliki kawasan industri untuk meningkatkan kesejahteraan, terutama industri hijau.

"Investasi kawasan industri akan mampu mendorong tumbuhnya sektor industri hilir, yang mendorong penciptaan lapangan kerja dan usaha baru,” ujarnya.

Harapannya, kata dia, industri tersebut dapat menghasilkan nilai tambah hasil perkebunan dan sumberdaya alam Muba akan meningkat.

Ia memaparkan penelitian selama tiga bulan dilakukan pada 4 kecamatan, yakni Bayung Lencir, Tungkal Jaya, Sungai Lilin dua lokasi dan Kecamatan Babat Supat. 

“Namun yang lebih memenuhi kriteria lokasi di Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Musi Banyuasin, Herman Mayori, mengatakan tata ruang lokasi yang di Sungai Lilin masuk kawasan perkebunan.

Pihaknya pun berencana untuk melakukan koordinasi dengan pelaksana pembangunan jalan tol Betung—Jambi.

“Karena dari sisi kedekatan lokasi ini mempunyai dekat dengan exit tol tersebut, jaraknya sekitar 20 kilometer,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper