Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Kota Medan 2020, Partisipasi Pemilih Naik Tajam

Tingkat partisipasi Pilkada Kota Medan tahun ini sekitar 45,97 persen.
Tangkapan layar hasil rekap formulir C Pilkada Kota Medan 2020./KPU
Tangkapan layar hasil rekap formulir C Pilkada Kota Medan 2020./KPU

Bisnis.com, MEDAN - Partisipasi pemilih di Pilkada Medan 2020 meningkat tajam dibandingkan Pilkada Medan 2015.

Berdasarkan data Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU), dari jumlah DPT Pilkada Medan 2020 sebanyak 1.601.001 nama. Suara sah berjumlah 736.013 nama. Dengan begitu, tingkat partisipasi Pilkada Kota Medan tahun ini sekitar 45,97 persen.

Bila dibandingkan dengan Pilkada Kota Medan 2015, jumlah ini naik sebesar 50,39 persen atau dua kali lipat. Tahun 2015, partisipasi pemilih hanya 25,35 persen atau 507.350 suara dari jumlah DPT sebesar 1.998.835.

Menanggapi hal tersebut calon Wali Kota Medan nomor urut 2, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Medan karena telah mensukseskan penyelenggaraan Pilkada Medan 2020.

"Terima kasih kepada seluruh warga Medan yang telah meyukseskan pesta demokrasi ini. Walaupun masih berada dalam kondisi pandemi dan harus mengikuti ketatnya protokol kesehatan, warga tetap semangat menggunakan hak pilihnya demi perubahan bagi Kota Medan yang kita cintai ini," katanya kepada awak media, Selasa (15/12/2020) siang.

Selain itu, Bobby Nasution juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara pemilu yang telah sukses menyelenggarakan Pilkada Medan 2020 dengan kondusif.

"Saya sangat mengapresiasi KPU dan Bawaslu karena telah berhasil menyelenggarakan Pilkada Medan 2020 dengan damai, kondusif, dan tanpa ada gangguan atau masalah yang berarti," ungkap suami Kahiyang Ayu tersebut.

Bobby Nasution menyatakan siapapun yang akan memimpin Kota Medan kedepannya, calon pemimpin harus menjadikan Pilkada 2020 ini sebagai titik awal pembenahan Kota Medan.

"Pilkada telah berakhir, ke depan kita harus terus perkuat kolaborasi agar Medan jadi kota yang berkah dan maju. Semua proses sudah berjalan dengan baik, hasil pilkada ini harus kita terima dengan kedewasaan," tandasnya.

Saat ini KPU Kota Medan menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi, Penghitungan Suara, dan Penetapan Hasil Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020 di Hotel Dyandra Santika, Selasa (15/12/2020).

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 10:00 dan direncanakan berlangsung selama tiga hari berturut-turut hingga Kamis (17/12/2020).

Setelah rapat ini berakhir, kedua pasangan calon berhak mengajajukan gugatan ke Mahkamah Umum atas hasil rekapitulasi nantinya. Apabila tidak ada pengaduan, KPU akan segera menetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper