Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPU Riau Siapkan TPS Khusus Pemilih dengan Suhu Tinggi

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau berbenah jelang tahapan pemungutan suara. Salah satunya menyiapkan tempat khusus bagi pemilih dengan suhu di atas 37,3 derajat Celsius atau lebih.
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU

Bisnis.com, PEKANBARU — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau berbenah jelang tahapan pemungutan suara. Salah satunya menyiapkan tempat khusus bagi pemilih dengan suhu di atas 37,3 derajat Celsius atau lebih.

Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto mengatakan langkah ini dilakukan untuk meminimalisir penularan Covid-19 saat proses pemungutan suara Pilkada Riau 2020 pada 9 Desember mendatang.

“Setiap TPS nantinya akan dilengkapi dengan thermogun (alat pengukur suhu tubuh), tempat cuci tangan, masker, dan sarung tangan,” kata Nugie sapaannya dikutip Selasa (10/11/2020).

Nugie melanjutkan mekanismenya setiap pemilih yang datang ke TPS akan diperiksa suhu tubuhnya. Jika ada pemilih yang suhu tubuh mencapai 37,3 derajat Celsius atau lebih, maka akan diarahkan memilih di TPS khusus terpisah dengan TPS umum.

“Menurut ahli medis, suhu tubuh 37,3 Celsius berpotensi demam dan bagi yang demam juga berpotensi terpapar Covid-19. Untuk itu, KPU menyediakan TPS khusus yang steril untuk pemilih dengan suhu tubuh 37,3 Celsius,” tambahnya.

Pihaknya juga menjamin logistik pemilu akan sampai di TPS dalam keadaan steril. Surat suara, formulir, dan logistik pemilu lain akan dikirim dengan menerapkan protokol kesehatan. Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan untuk memastikan semua logistik pemilu bisa steril.

Logistik pemilu berupa surat suara, formulir dan lainnya sejak dari percetakan hingga tiba di TPS didistribusi melalui protokol kesehatan Covid-19. Sehingga ketika tiba di TPS logistik tersebut dalam posisi steril.

Grafik perkembangan kasus positif Covid-19 di Riau sejak 30 Oktober berada di bawah 200 per harinya. Per 10 November, berdasarkan data pemerintah total terkonfirmasi positif mencapai 15.757 orang, isolasi mandiri sebanyak 1.437, rawat di rumah sakti 624 orang, sembuh 13.330 orang dan meninggal sebanyak 366 orang. (K42)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eko Permadi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper