Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Nagari Susun Strategi Perkuat UMKM dan Melawan Rentenir

Pinjaman modal usaha ini untuk membantu UMKM, memiliki bunga rendah alias Rp5.000 per bulannya dengan masa pembayaran kredit 12 bulan.
Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad./Ist
Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad./Ist

Bisnis.com, PADANG - PT Bank Pembangunan Daerah atau Bank Nagari tengah mempersiapkan sebuah program yang diharapkan menumbuh kembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta menyelamatkan dari aksi rentenir.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad mengatakan program yang menjadi harapan bagi pelaku UMKM di Sumatra Barat itu diberi nama Simamak. Program Simamak nantinya akan menjangkau UMKM dengan memberikan pinjaman modal usaha dengan nilai maksimal Rp3 juta dengan bunga pinjaman 7 persen per tahunnya.

"Jadi nama Simamak ini diumpamakan mamak atau paman adalah sosok orang yang bisa jadi tempat mengadu. Artinya dengan adanya program Simamak dapat menjadi tempat mengadu para UMKM kepada Bank Nagari, agar usaha tetap produktif," kata Irsyad, kepada Bisnis di Padang, Selasa (27/10/2020).

Menurutnya secara konsep dan teknis lainnya program Simamak telah disiapkan. Namun untuk menjalankan program itu dibutuhkan payung hukum seperti Peraturan Gubernur (Pergub). Dan Pergub tersebut sejauh ini masih menunggu berbagai tahapan lainnya termasuk tahapan yang harus dilalui di tingkat DPRD Sumbar.

Bank Nagari telah menargetkan penyaluran pinjaman pinjaman modal usaha melalui Program Simamak itu pada awal Oktober ini. Namun, awal Oktober adalah momen-momen dimana UMKM membutuhkan tambahan modal usaha.

"Tapi dikarenakan Pergub belum juga ada, kita pun belum bisa meluncurkan Program Simamak ini. Kita di Bank Nagari berharap program Simamak dapat segera diluncurkan dan membantu banyak UMKM," ujar dia.

Di kesempatan yang sama Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra menjelaskan program Simamak bertujuan untuk membantu UMKM agar bisa produktif dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Karena tidak dapat dipungkiri sektor UMKM merasakan betul dampak dari pandemi.

Program Simamak yang hadir dengan pinjaman modal usaha yang sangat membantu UMKM, memiliki bunga rendah alias Rp5.000 per bulannya dengan masa pembayaran kredit 12 bulan. Serta persyaratan untuk mendapatkan pinjaman dari Simamak ini tidaklah ribet, sehingga dapat menjadi sebuah harapan baru bagi UMKM di Sumbar.

Selain itu untuk menjalankan Program Simamak ini, Bank Nagari juga bekerjasama dengan PT Jamkrida yang juga sama-sama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Sumbar. Dimana Jamkrida menjadi penjaminan kredit bagi pelaku UMKM yang nantinya ingin mendapatkan pinjaman modal Rp3 juta tersebut.(k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper