Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Daerah di Sumbar Jadi Zona Merah Covid-19

Kota Padang adalah daerah yang masih bertahan di zona merah dan belum mampu untuk beranjak ke zona orange atau bahkan kuning.
Sejumlah petugas medis memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/3/2020)./Antara-Iggoy el Fitra
Sejumlah petugas medis memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/3/2020)./Antara-Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PADANG - Setelah sekian lama Kota Padang bertengger di zona merah Covid-19 di Provinsi Sumatra Barat, hari ini Minggu 4 Oktober 2020 Gugus Tugas Covid-19 menyatakan ada tiga daerah yang baru masuk ke zona merah.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar Jasman Rizal mengatakan Kota Padang adalah daerah yang masih bertahan di zona merah dan belum mampu untuk beranjak ke zona orange atau bahkan kuning.

"Kini ada tiga daerah yang mengikuti jejak Kota Padang ke zona merah yakni Kota Sawahlunto, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Agam. Sejauh ini telah ada empat daerah di zona berisiko tinggi," kata Jasman, Minggu (4/10/2020).

Tiga daerah itu sebelumnya berada di zona orange atau berisiko sedang dengan jumlah kasus Covid-19 yang terus bertambah dari hari ke hari dan sehingga membuat empat daerah itu berada di zona merah.

"Ini adalah data sementara. Sedangkan data final akan disampaikan paling cepat itu 18.00 Wib. Tapi bila melihat hasil Sabtu kemarin, memang keempat daerah itu jumlah kasus positif Covid-19 meningkat," ujarnya.

Jasmen menjelaskan untuk kondisi masing-masing 4 daerah di zona merah itu bila dilihat data Sabtu kemarin ini, Kota Padang untuk total positif 3.330 orang, meninggal 76 orang (2,3 persen), dan sembuh 1.891 orang (56,8 persen)

Lalu untuk Kota Sawahlunto total positif 129 orang, meninggal 2 orang (1,6 persen), dan sembuh 97 orang (75,2 persen).

Serta untuk Kabupaten Padang Pariaman total positif 306 orang, meninggal 10 orang (3,3 persen) dan sembuh 207 orang (67,6 persen). Sementara untuk Kabupaten Agam total positif 749 orang, meninggal 10 orang (1,3 persen) dan sembuh 192 orang (25,6 persen).

Namun bila melihat data sementara itu Gugus Tugas Covid-19 Sumbar telah menerima hasil pemeriksaan spesimen yang dikirim oleh penanggung jawab Laboratorium Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, bahwa dari 3.569 spesimen pemeriksaan di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand 3.384 spesimen dan Laboratorium veteriner Baso Agam 185 spesimen, didapat hasil sementara 224 orang terkonfirmasi positif dan sementara sembuh 106 orang.

"Jumlah 224 orang ini adalah angka yang cukup besar bila dibandingkan beberapa hari terakhir, dimana jumlah positif Covid-19 per hari itu berada di bawah 150 orang," sebut dia.

Empat Daerah di Sumbar Jadi Zona Merah Covid-19

Peta risiko Covid-19 di Sumatra, Minggu (4/10/2020)./covid19.go.id

Sedangkan untuk daerah lainnya yang berada di zona orange atau berisiko sedang ada 12 daerah yakni Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Solok, Kabupaten Pasaman, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, dan Kabupaten Dharmasraya.

Selanjutnya untuk daerah yang berada di zona kuning atau zona resiko rendah yakni ada tiga daerah saja, Kabupaten Solok Selatan Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Untuk itu Jasman menyatakan dengan adanya kondisi yang demikian diharapkan kepada masyarakat khususnya di zona merah untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Sebab yang namanya di zona beresiko tinggi, maka tinggi pula resiko tertular virus nya.

"Tidak hanya kepada masyarakat di zona merah saja, kepada seluruh masyarakat diharuskan menerapkan protokol kesehatan, sehingga bisa menekan penularan Covid-19," imbaunya.

Sementara berdasar data nasional yang diakses pada laman Covid19.go.id, pukul 15.37 WIB, Minggu (4/10/2020), wilayah di Sumbar yang jadi zona merah Covid-19 yakni Kota Padang, Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Agam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper