Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lampung Banyak Kasus Impor Covid-19, Warga Diminta Tunda Perjalanan

Banyak kasus Covid-19 di Lampung berasal dari kasus impor, di antaranya dari pelaku perjalanan.
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana/Antara
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana/Antara

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG - Warga Provinsi Lampung untuk sementara diminta menunda rencana perjalanan ke luar daerah.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana menyebutkan banyaknya pelaku perjalanan yang positif Covid-19 sebagai alasan imbauan tersebut.

"Untuk masyarakat diimbau untuk menunda sementara waktu kegiatan atau perjalanan keluar Provinsi Lampung, sebab penambahan kasus terkonfirmasi positif di Provinsi Lampung didapati banyak dari pelaku perjalanan," ujar Reihana, saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis (3/9/2020).

Ia menjelaskan, dalam beberapa minggu terakhir penambahan kasus terkonfirmasi di Provinsi Lampung merupakan imported case.

"Setelah kita lakukan kajian lebih dalam ternyata penambahan kasus dalam beberapa minggu terakhir merupakan kasus impor, yakni pelaku perjalanan dari zona merah, kasus berkontak erat dengan kasus di luar Lampung, ataupun atas adanya kunjungan keluarga yang berasal dari berbagai daerah," katanya.

Menurut dia dengan melihat adanya hal tersebut, masyarakat dapat menunda terlebih dahulu perjalanan ataupun kegiatan yang berisiko terhadap penyebaran Covid-19.

"Akan lebih baik ditunda terlebih dahulu keluar Lampung, kecuali untuk hal yang benar-benar penting. Jangan sampai kita membuat keluarga tertular Covid-19 setelah melakukan perjalanan," kata Reihana.

Ia menjelaskan, meski telah dikeluarkan surat edaran gubernur bagi kepala daerah ataupun kepala instansi untuk melakukan penundaan perjalanan keluar daerah, belum ada pelarangan ataupun pembatasan resmi bagi masyarakat untuk bepergian keluar Provinsi Lampung.

"Untuk saat ini bagi masyarakat belum ada pembatasan, namun memang telah ada beberapa kabupaten/kota yang melakukan pembatasan secara lokal ketika diketahui di kecamatan atau desanya ada warga yang terpapar Covid-19," kata Reihana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper