Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Ratusan Koperasi Simpan Pinjam di Pasaman Barat Macet

Koperasi yang terdampak langsung dari Covid-19 adalah koperasi simpan pinjam yang kegiatannya memutar modal dari anggota.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SIMPANG EMPAT - Ratusan koperasi simpan pinjam di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengalami kemacetan akibat dampak Corona Virus Disease (Covid-19).

"Ada sekitar 30 persen dari 423 koperasi yang ada di Pasaman Barat merupakan koperasi simpan pinjam. Koperasi inilah yang terdampak langsung akibat Covid-19," kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM Pasaman Barat Simar di Simpang Empat, Senin (31/8/2020).

Ia mengatakan koperasi yang terdampak langsung dari Covid-19 adalah koperasi simpan pinjam yang kegiatannya memutar modal dari anggota.

"Koperasi simpan pinjam di Pasaman Barat merupakan koperasi yang menyediakan kebutuhan sehari-hari yang iuran dari anggota," ujarnya.

Dengan adanya wabah Covid-19 ini maka terdampak pada angsuran atau iuran anggota yang mengalami kemacetan.

"Saat ini kita terus mendata berapa koperasi simpan pinjam yang terdampak. Kita sedang membicarakan apa langkah yang akan ditempuh," sebutnya.

Ia mencontohkan pada koperasi Simpan Pinjam Albasiko dan koperasi niat bersama. Pada dua koperasi itu sangat terdampak dengan adanya wabah Covid-19.

Untuk sementara, pihaknya akan membantu koperasi yang memiliki Usaha Kecil Menengah (UKM) yang programnya dari pemerintah pusat ada.

"Saat ini sudah ada sekitar 1.500 UKM yang kita data dan berikan ke pemerintah pusat untuk dibantu. Masing-masing UKM akan memperoleh Rp2.400.000," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper