Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar SUV Menjanjikan, Toyota Rilis All New Corolla Cross di Riau

Pasar SUV makin populer di Indonesia naik mencapai 65 persen pada 2019 dibanding tahun 2014 (yoy). Sementara itu, penjualan khususnya SUV Toyota di Indonesia naik signifikan hingga 64 persen diperiode yang sama.
Toyota Corolla Cross. /TAM
Toyota Corolla Cross. /TAM

Bisnis.com, PEKANBARU - Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia tetap menjanjikan meski di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, Agung Toyota merilis All New Corolla Cross tipe bahan bakar bensin dan kombinasi mesin bensin-listrik (hybrid) untuk segmen SUV High Compact di Pekanbaru, Jumat (21/8/2020). 

Regional Manager West Area Agung Toyota, Himawan Wahyu Wardhana menjelaskan pasar SUV makin populer di Indonesia naik mencapai 65 persen pada 2019 dibanding tahun 2014 (yoy). Sementara itu, penjualan khususnya SUV Toyota di Indonesia naik signifikan hingga 64 persen diperiode yang sama. 

Pandemi menghantam industri otomotif nasional berdampak juga ke Riau. Himawan menerangkan penjualan mobil Toyota di Riau turun 30 persen sampai bulan Juli 2020 dibanding tahun lalu (yoy). Lalu market share Toyota turun 2,5 persen tetapi masih memimpin penjualan mobil di bumi lancang kuning. Sementara itu, market SUV Compact tidak turun drastis walaupun di Riau pasarnya tergolong tidak terlalu besar. 

Pihaknya menilai dua bulan terakhir, penjualan mobil komersil seperti pick up naik 47 persen. Artinya ekonomi sudah mulai naik, di kuartal ketiga kelihatannya ekonomi sudah membaik, sudah mulai terbiasa dengan adanya pandemi ini.

“Jadi kita luncurkan saat market bergerak naik,” kata Himawan, kepada Bisnis, Jumat (21/8/2020). 

Himawan melihat persaingan kelas SUV dengan pabrikan lain khususnya hybrid. Dirinya optimis dengan banderol Rp496 jutaan di jalanan Riau walaupun sudah menyediakan fitur-fitur kemewahan. Untuk tipe bensin seharga Rp457 jutaan. Ia pun menargetkan sementara regional barat yaitu Riau, Kep. Riau, Jambi dan Bengkulu total 10 unit per bulan dan nasional hanya 20 unit per bulan.   


Benny Setiardi, Branch Learning Ambassador Toyota memandu awak media menjelaskan mobil terbaru Toyota. All New Corolla Cross mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look. Grill depan yang kokoh, lampu LED menyipit dan panel biru memberi kesan SUV Modern.
 
Corolla Cross boleh jadi pilihan pengemudi perkotaan. Radius putar kemudi hanya 5,2 meter jaminan mengarungi jalan kota yang lebar maupun sempit. Ground clearance setinggi 165 sudah aman melintasi jalan bergelombang jika bepergian ke luar kota. Ditambah, mengusung platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C). Artinya, mobil ini menggunakan arsitektur yang biasa dipakai mobil mewah.  

Fitur yang tidak ada di SUV biasa, contoh teknologi kick sensor di model HEV. Misalnya setelah berbelanja banyak, cukup menjulurkan kaki maka pintu belakang/bagasi akan terbuka. Lain lagi fitur sensor hujan berguna ketika air membasahi kaca depan, wiper otomatis bergerak mengeringkannya. 

“Tak perlu repot cek saldo E-Money jika hendak masuk Tol, cukup di monitor mobil,” kata Benny.

Kenyamanan ruang kabin dapat ditemui pada head clearance yang cukup yaitu 105 mm di depan dan 87 belakang. Adanya moonroof buat suasana tampak lega, dudukan tangan disela kursi, interior hampir semuanya dibuat dari kulit. Panel display bisa sinkron dengan ponsel pintar. Ditambah dua arah AC beri kenyamanan sesuai pengguna.  

Untuk aspek keselamatan, Corolla Cross menyediakan 7 airbags, sistem pengereman ABS+EBD, Hill Start Assist, Vechile Stability Control, sensor parkir. Teknologi PNS memungkinkan mobil memberi tahu jika ada pengendara di depan terlalu dekat, lantaran untuk jenis hybrid kecepatan di bawah 40 km suara mobil nyaris tidak terdengar. 

Corolla Cross dilengkapi dua pilihan dapur pacu. Pertama, tipe bahan bakar bensin normally-aspirated 2ZR-FE berkapasitas 1798 cc 4 silinder DOHC dengan Dual VVT-i. Sanggup menyembur tenaga maksimum 140 PS pada 6.400 rpm dan torsi 17,5 Kgm pada 4000 rpm. 

Kedua, tipe HEV berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-I menghasilkan maksimum 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Lalu motor listriknya mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 72 PS dan torsi 16,6 Kgm. Jelas hybrid lebih efisien dan emisi gas buang lebih rendah dari model bensin. 

“Mobil tipe hybrid aman dari banjir dan panas dengan teknologi komputer,” tutup Benny.(

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eko Permadi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper