Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan Santri Batam Kembali ke Pondok di Jawa

Pemkot Batam akan memberikan dukungan penuh kepada para santri yang menuntut ilmu di Jawa.
Santri tujuan Ponpes Lirboyo saat akan naik pesawat di Bandara Hang Nadim Batam./Bisnis-Bobi Bani.
Santri tujuan Ponpes Lirboyo saat akan naik pesawat di Bandara Hang Nadim Batam./Bisnis-Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM - Ratusan santri asal Batam yang kembali ke sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Pulau Jawa.

Santri tujuan Ponpes Lirboyo Kediri sebanyak 103 santri tersebut beberapa bulan terakhir pulang ke Batam karena Covid-19 dan juga bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemkot Batam, Pebrialin mengatakan bukan hal mudah melepas anak-anak jauh dari orang tua di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir saat ini. Oleh karena itu santri saat di pondok harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana yang dilakukan di Batam selama ini.

"Pulau Jawa khususnya Jawa Timur masih zona merah Covid-19. Karena itu harus bisa mejaga diri, jaga kebersihan di sana," kata Pebrialin saat melepas santri di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (15/7/2020).

Pemkot Batam akan memberikan dukungan penuh kepada para santri yang menuntut ilmu di Jawa. Karena pihaknya yakin dan percaya bahwa belajar di pondok pesantren merupakan pilihan yang terbaik, khususnya dalam hal ilmu keagamaan dan santri tentunya adalah orang-orang pilihan.

"Banyak pimpinan bangsa kita adalah alumni santri. Saat ini Wakil Presiden kita juga orang pondok, menteri-menteri juga banyak orang pondok. Jadi saya percaya dewasa nanti kalian akan jadi pemimpin yang hebat dan religius," ujarnya.

Pebrialin juga menjelaskan bahwa sebelum keberangkatan para santri, Pemkot Batam memberikan fasilitas rapid diagnostic test (RDT) atau rapid tes secara gratis kepada para santri. Tujuannya tidak lain agar bisa membantu meringankan beban orang tua santri. Tidak hanya santri Ponpes Lirboyo saja tapi juga ponpes lainnya.

"Banyak anak-anak santri kita yang ke Jawa, ada Lirboyo, Gontor dan ponpes lainnya. Semua kita berikan rapid tes secara gratis," jelasnya.

Ketua Himpunan Santri dan Alumni Lirboyo Kota Batam, Imam Hasan mengatakan sebanyak 103 santri dan beberapa wali atau orang tua nantinya akan langsung menuju Ponpes Lirboyo. Sebagian santri ada yang baru akan masuk.

"Semua persyaratan alhamdulillah sudah lengkap. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Batam, Bapak Muhammad Rudi yang telah memberikan program rapid tes gratis kepada para santri," kata Imam.(K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper