Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Dukung Pembangunan Pabrik Gula Anyar

Jika rencana pembangunan pabrik gula yang baru terealisasi, maka Sumsel bakal memiliki sekitar 80.000 ha kawasan pabrik gula dan perkebunan tebu.
Pabrik Gula/Antara
Pabrik Gula/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan memberikan lampu hijau untuk PT Brisbane Company Investment (BCI) untuk membangun pabrik gula di provinsi tersebut.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya menyambut baik rencana dari perusahaan tersebut. Dengan demikian Sumsel akan memiliki empat pabrik gula.

“Jika ini jadi maka Sumsel akan punya empat pabrik gula, sebelumnya Sumsel sudah ada tiga pabrik gula dengan luas tak tanggung-tanggung yaitu 60.000 ha,” kata Deru, Selasa (16/6/2020).

Jika pabrik anyar tersebut terealisasi, imbuhnya, maka Sumsel bakal memiliki sekitar 80.000 ha kawasan pabrik gula dan perkebunan tebu.

Dia mengaku telah memahami alur perizinan pendirian khususnya pabrik gula sejak ia menjabat sebagai Bupati OKU Timur.

Oleh karena itu, Deru mengingatkan bahwa salah satu persoalan berat dalam mendirikan pabrik gula adalah lahan, maka dia berharap PT BCI untuk memikirkan matang-matang jika tebu ini mau ditanam di lahan basah atau lahan yang kering. 

“Ketika PT BCI bekerjsama dengan PDPDE [BUMD Sumsel], maka ini sangat bagus. Namun saya harap BCI untuk mematangkan lahan, jadi kuncinya di lahan kemudian barulah Sumber Daya Manusia (SDM),” ujarnya.

Kalau persoalan lahan sudah clear, maka 70 persen prosesnya dinilai sudah selesai dan berjalan. Gubernur pun berpesan agar perusahaan juga melakukan analisa dampak mengenai lingkungan (Amdal).

Sementara itu, Dirut PT BCI Rusydi mengatakan pihaknya mengapresiasi sikap yang diberikan kepala daerah Sumsel tersebut.

Dia mengemukakan rencana pendirian pabrik gula tersebut berlokasi di Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper