Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumbar Persiapkan APD untuk Pilkada 2020

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berkomitmen menjaga keselamatan peserta dan panitia Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan tahun ini.
Ilustrasi./Antara-MUhammad Arif Pribadi
Ilustrasi./Antara-MUhammad Arif Pribadi

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berkomitmen menjaga keselamatan peserta dan panitia Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan tahun ini. 

Pemprov Sumbar pun mengajak pemerintah di tingkat kabupaten/kota untuk bersama-sama menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk pelaksanaan Pilkada.

Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat, menyampaikan Pilkada 2020 akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang belum memperlihatkan titik akhir. Untuk itu, pihaknya akan bersiap menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, dan fasilitas lainnya yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Untuk pelaksanaan terhadap kebutuhan perlengkapan ditanggung oleh kabupaten/kota. Kebutuhan perlengkapan itu bisa difasilitasi oleh Tim Gugus Tugas melalui dinas kesehatan masing-masing. Ini perlu dikoordinasikan," kata Iwan melalui keterangan resmi, Kamis (11/6/2020).

Irwan melanjutkan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti persiapan Pilkada dengan bupati dan walikota untuk menyamakan persepsi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurutnya, perlengkapan APD tentunya tidak dapat difasilitasi seluruhnya oleh pemerintah provinsi. Adapun, Irwan menunjukkan sesuai dengan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) telah dianggarkan penyediaan APD melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Sumbar.

Lebih lanjut, persiapan Pilkada di Sumatera Barat akan dilanjutkan dengan pengukuhan kembali Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 16 Juli 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper