Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komunitas Kembara Salurkan Ribuan Paket Takjil Berbuka selama Ramadan

Selama Ramadan dan Lebaran 2020 ini, Komunitas Kembara berhasil menyalurkan ribuan paket takjil berbuka, sembako, dan kurma kepada masyarakat pesisir Kota Batam.
Komunitas Kembara saat membagikan bantuan kepada masyarakat pesisir Kota Batam./Bisnis-Bobi Bani
Komunitas Kembara saat membagikan bantuan kepada masyarakat pesisir Kota Batam./Bisnis-Bobi Bani

Bisnis.com, BATAM - Selama Ramadan dan Lebaran 2020 ini, Komunitas Kembara berhasil menyalurkan ribuan paket takjil berbuka, sembako, dan kurma kepada masyarakat pesisir Kota Batam. Komunitas yang berisikan anak-anak muda pesisir Batam ini menjangkau kampong-kampung pesisir di Kecamatan Galang, Bulang, dan Belakangpadang yang memang menjadi 3 kecamatan pesisir dari 12 Kecamatan di Batam.

Ketua Komunitas Kembara, Sutris Astari menuturkan, riancian paket yang berhasil disalurkan diantaranya sebanyak 2.700 paket takjil berbuka; 253 paket sembako; dan 150 Kilogram (Kg) Buah Kurma. Kembara sendiri, lanjut Sutris, hanya menjadi perpanjangan tangan dari pihak-pihak yang memiliki kkeringanan untuk berbagi.

“Alhamdulilah kami masih dipercaya, semoga bermanfaat bagi yang menerimanya, apalagi sekarang ini kita sedang berjuang melawan Corona (Covid-19),” kata Sutris saat dihubungi pada Selasa (26/5/2020).

Sutris melanjutkan, pihaknya berharap Kembara bisa menjangkau lebih banyak lagi masyarakat penerima bantuan, menunjukan semakin besar kepedulian kepada sesama.

Untuk bantuan yang berhasil disalurkan kali ini, Kembara berkolaborasi dengan Yayasan Cahaya Internasional Aid dan Indobox Asia Jaya dari Singapura. Mereka juga berkolaborasi bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada/UGM (Kagama) Kepri, dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam. Bantuan ini juga berasal dari hasil patungan anggota Komunitas Kembara yang memang rutin berkegiatan keliling daerah pesisir Batam setiap dua bulan sekali ini.

Sementara itu, Sekertaris Komunitas Kembara, Zahrin Rahmat menuturkan, teknis penyaluran bantuan itu sendiri awalnya dilakukan di momen menjelang masuknya bulan suci Ramadan 2020. Dimana sebanyak 123 paket sembako berhasil disalurkan ke beberapa kampong di Kecamatan Galang. Pembagian sembako kembali dilakukan pada menjelang Idulfitri di kampong-kampung di Kecamatan Bulang.

Sedangkan untuk paket berbuka atau takjil sendiri, mereka mulai bergerak sejak 15 Ramadan sampai hari terakhir puasa, membagikan sebanyak sekitar 200 paket takjil setiap harinya.

“Awalnya Cuma sembako di awal dan takjil saja, tapi di akhir puasa ada tambahan bantuan sembako lagi, jadi kami maksimalkan untuk bisa dibagikan sebelum lebaran, alhamdulilah bisa,” kata Zahrin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper