Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumbar Optimistis Kurva Pasien Covid-19 Bisa Segera Melandai

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan laju penyebaran Covid-19 di Sumbar berhasil ditekan karena diterapkannya PSBB dan pemeriksaan yang massif.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. /Bisnis.com
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengaku optimistis kurva kasus Covid-19 di wilayahnya bisa segera melandai dalam waktu dekat ini.

Irwan mengatakan dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, ada 3 daerah yang negatif kasus Covid-19 atau menjadi zona hijau yaitu Sawahlunto, Sijunjung, dan Kota Solok.

“Untuk kota Padang saat ini masih berjuang memutus kasus penyebaran Covid-19 dari berbagai klaster. Dari sekitar 15 sampai 16 klaster, sudah ada 8 klaster yang putus kasus penyebarannya,” kata Irwan seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas evaluasi pelaksanaan PSBB, Selasa (12/5/2020).

Irwan mengatakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Walikota padang telah bergerak cepat untuk melakukan pemeriksaan massif kepada para warganya.

Dia mengungkapkan, jumlah spesimen yang diperiksa di kota tersebut telah mencapai lebih dari 1.000 spesimen. 

Selain itu, dia menyatakan klaster-klaster penyebaran Covid-19 di daerah-daerah lainnya si Sumbar juga saat ini sudah mulai menunjukkan penurunan. Menurutnya, laju penyebaran Covid-19 di Sumbar berhasil ditekan dengan diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemeriksaan secara massif.

“Jadi kekuatan kita di PSBB tentu merupakan pencegahan agar tidak terpapar di luar. Dengan pendekatan seperti ini kami yakin di Sumbar akan muncul pelandaian [kurva kasus Covid-19] yang cepat,” ujarnya. 

Sementara itu, berdasarkan laporan harian Gugus Tugas Covid-19, dari total kasus Positif Covid-19 di Sumbar yang mencapai 299 orang, 67 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh, dan 17 orang meninggal dunia, sedangkan sisanya masih dalam tahap perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper