Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusri Palembang Perkuat Bisnis Lewat Transformasi Digital

PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang memperkuat transformasi bisnis dengan memanfaatkan digitalisasi dalam bisnis perusahaan.
PT Pupuk Sriwidjaja./ Antara
PT Pupuk Sriwidjaja./ Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pupuk Sriwidjaja Palembang memperkuat transformasi bisnis dengan memanfaatkan digitalisasi dalam bisnis perusahaan.

Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang Mulyono Prawiro mengatakan perusahaan sedang melaksanakan transformasi total, baik di bidang bisnis maupun budaya perusahaan.

“Di bidang bisnis salah satu strategi utama kami yaitu transformasi digital, Pusri telah menerapkan transformasi di bidang pemasaran dan bidang manufacturing feritilzer,” katanya, Selasa (5/5/2020).

Mulyono mengatakan langkah itu dilakukan agar proses bisnis dapat berjalan lebih baik di tengah persaingan bisnis saat ini. Selaku pabrik pupuk pertama di Tanah Air, pihaknya terus berupaya dalam melakukan inovasi serta mengikuti tren pasar.

Dia memaparkan salah satu transformasi digital yang dikembangkan Pusri, yakni aplikasi e-Plant ‘Digital Plant Pusri IIB’. Melalui aplikasi tersebut memudahkan kontrol serta pemantauan operasi dan produksi pabrik.

“Awalnya dimulai dari pabrik Pusri IIB dan saat ini sudah jalan untuk semua pabrik,” kata Mulyono.

Dia menambahkan ePlant juga memudahkan dalam pengawasan aset-aset produksi yang sedang dioperasikan oleh manajemen di mana saja dan kapan saja melalui gadget masing-masing.

Selain itu Pusri telah menerapkan Engineering Procurement Construction (EPC) serta aplikasi e-PAS (Pusri Agribusiness Solution) yang memudahkan pengiriman produk-produk Pusri hingga ke end-user.

“Serta dapat mengetahui rekomendasi produk, metode tanam dan informasi lain melalui e-PAS,” katanya.

Sistem tersebut, kata Mulyono, telah terintegrasi secara keseluruhan dengan Badan Penelitian dan Perkebunan serta perusahaan lainnya.

Upaya Pusri mengembangkan transformasi digital dan mengadopsi teknologi informasi telah mendapat apresiasi dari sejumlah pihak, salah satunya pada ajang Top Digital Innovation Award 2020 yang diselenggarakan Itech.

Pada ajang tersebut, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) itu berhasil menyabet dua penghargaan, yakni Top CEO In Digital Transformation dan Top Corporate Performance In Fertilizer Industry 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper