Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Tunda Pelaksanaan Pasar Murah Selama PSBB

Pemerintah Provinsi Riau memutuskan untuk menunda pelaksanaan pasar murah sampai dengan waktu yang belum ditentukan seiring dengan diperpanjangnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru.
Warga membawa bungkusan berisi bawang putih yang dibelinya saat pasar murah./Antara-Jessica Helena Wuysang
Warga membawa bungkusan berisi bawang putih yang dibelinya saat pasar murah./Antara-Jessica Helena Wuysang

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau memutuskan untuk menunda pelaksanaan pasar murah sampai dengan waktu yang belum ditentukan seiring dengan diperpanjangnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru.

Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Povinsi Riau Suratno melalui surat dengan No. 510/INDAGKOP.UKM/4.2/ tentang Penundaan Pelaksaan Pasar Murah sebagai tindak lanjur dari surat No. 510/INDAGKOP.UKM/4.2/267 tetanggal 23 April 2020 dan Surat Keputusan Walikota Pekanbaru No. 358/2020 tentang pelaksanaan PSBB.

Adapun, Kota Pekanbaru telah memperpanjang masa PSBB menjadi 1—14 Mei 2020 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sehubungan dengan hal tersebut sesuai arahan Bapak Gubernur Riau selaku Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau dengan ini kami sampaikan bahwa pelaksanaan pasar murah untuk sementara ditunda sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan,” tulis Suratno.

Dalam perkembangan terpisah, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru mengapresiasi inovasi masyarakat lewat kehadiran Pasar Segar Online 99 di tengah masa pandemi ini.

Kepala BPP Pekanbaru Masykur Tarmizi mengatakan Pasar Segar Online 99 menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan barang yang dibeli akan langsung diantar ke alamat pemesan. 

"Dalam pelayanannya, Pasar Segar Online 99 juga menjaga kehigienisan dan tetap mengacu pada protokol kesehatan," kata Masykur melalui keterangan resmi.

Dirinya menjelaskan bahwa Pasar Segar Online 99 merupakan inovasi seorang anak muda asal Pekanbaru bernama Lucky yang juga merupakan pengusaha bidang event organizer. 

Lucky bercerita bahwa ide terciptanya Pasar Segar Online 99 tersebut muncul ketika Kota Pekanbaru memberlakukan PSBB sejak 17 April 2020.

"Saya melihat peluang dengan adanya pembatasan kegiatan di luar ruang. Di samping itu, sudah menjadi rutinitas saya di akhir pekan berbelanja di pasar menemani orang tua, sehingga sudah memliki langganan. Dengan berbekal langganan tersebut, ide ini mudah terealisasi," tutur Lucky.

Adapun, Pasar Segar 99 memasok barang dagangannya dari sejumlah pasar yang ada di Kota Pekanbaru seperti Pasar Kodim, Pasar Dupa, dan Pasar Bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper