Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Perajin Teri Asin Pulau Pasaran Lampung Terhantam Corona

Para perajin ikan teri asin Pulau Pasaran, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung, mengungkapkan wabahvirus corona baru Covid-19 memengaruhi produksi dan harga ikan.
Penjemuran ikan teri asin di Pulau Pasaran, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung./Antara/Dian Hadiatna
Penjemuran ikan teri asin di Pulau Pasaran, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung./Antara/Dian Hadiatna

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Para perajin ikan teri asin Pulau Pasaran, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung, mengungkapkan waba hvirus corona baru Covid-19 memengaruhi produksi dan harga ikan.

"Jadi, bila kita berbicara dampak pasti semua usaha kecil menengah terdampak. Kalau di kami sudah pasti berpengaruh terhadap produksi dan harga jual ikan teri asin," kata salah satu perajin ikan asin di Pulau Pasaran, Toto Hariyanto, di Bandar Lampung, Selasa (21/4/2020).

Dia menjelaskan sebelum ada wabah Covid-19, para perajin bisa menghasilkan 3 hingga 5 ton ikan teri asin dengan segala jenis jika barangnya banyak, Namun, sejak sebulan belakangan saat pandemi corona  muncul, produksi menurun menjadi 2hingga 3 ton.

Begitu pula dengan harga jual teri asin jenis tertentu seperti teri asin jengki, harganya turun hingga Rp10.000 per kilogram. Padahal, kata dia, biasanya di kisaran Rp45.000 per kilogram, karena pembelinya semakin berkurang.

"Untuk teri asin nasi harga masih di kisaran Rp90.000 per kilogram dan buntiao juga masih di kisaran Rp70.000 per kilogram. Kedua jenis teri ini harganya bertahan sebab barangnya juga memang tidak banyak," paparnya.

Dia mengaku sering mengirim barang ke Jakarta, Cianjur, dan Bandung, dan juga pasar lokal. Untuk pengiriman ke Jakarta sebelum diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih bisa lewat dan mengirim barang, tapi untuk ke Bandung kiriman barang sempat berhenti.

"Semoga saja kita masih bisa mengirim ke Jakarta dan Bandung lagi. Kebetulan saat diterapkan PSBB, sekarang di sini lagi terang bulan jadi memang kita sedang tidak produksi," ucapnya.

Hal serupa dikatakan perajin ikan asin Pulau Pasaran lainnya, Sarnoto. Pada kondisi seperti ini yang paling terdampak adalah nelayan, sebab barang dari mereka sudah pasti juga akan dijual murah ke perajin.

"Kita mau beli mahal atau dengan harga standar seperti biasa, tapi harga jual ikan teri asin kita murah di pasaran, kan repot juga para perajin ini. Sedangkan kita harus membayar buruh harian yang masih bekerja," jelasnya.

Dia mengungkapkan sampai saat ini pihaknya belum sampai merumahkan para pekerja hariannya karena mereka juga sama-sama mencari pendapatan dan perlu makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper