Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan Broadband Telkomsel Sumbagteng Naik 7,3 Persen

Telkomsel Sumbagteng mencatat kenaikan layanan broadband sebesar 7,3 persen sejak diberlakukannya work from home dan social distancing.
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)/Antara.
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)/Antara.

Bisnis.com, PEKANBARU — PT Telekomunikasi Selular region Sumatera Bagian Tengah yang melingkupi Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau mencatat kenaikan trafik layanan broadband sejak imbauan bekerja dari rumah (work from home) diberlakukan.

Mulyadi Indra, GM Consumer Sales Regional Sumbagteng PT Telkomsel mengatakan pada Maret 2020 tercatat trafik layanan broadband perseroan di wilayahnya naik sebesar 7,3 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

“Layanan broadband mengalami kenaikan karena kontribusi kebijakan WFH dan social distancing,” katanya kepada Bisnis, Selasa (8/4/2020) malam.

Adapun, pemerintah di wilayah Sumbagteng telah mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Mulyadi menambahkan bahwa kenaikan layanan broadband dari anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) tersebut ditopang oleh penggunaan aplikasi video conference yang naik signifikan hingga lebih dari 100 persen.

Di sisi lain, layanan voice dan SMS disebut Mulyadi tidak terlalu naik signifikan karena tren masyarakat yang sebagian besar sudah beralih ke data.

“Tren masyarakat sudah beralih ke data dan untuk penggunan sosial media cenderung tetap,” ujarnya.

Adapun, sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari pemerintah untuk beraktifitas dari rumah, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat lonjakan trafik tertinggi secara total mencapai 16 persen, khususnya layanan broadband

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan lonjakan trafik tersebut didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom.

"Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus)," jelasnya.

Selain itu, Telkomsel juga mencatat terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring, seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper