Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkomsel Siapkan Call Center CloudX di RSK Corona di Pulau Galang

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Batam berupa Perangkat Call Center CloudX untuk memudahkan komunikasi di Rumah Sakit Khusus (RSK) Corona Batam di Pulau Galang.
Proyek pembangunan ruang observasi dan isolasi pasien infeksi virus di Pulau Galang, Batam./Bisnis-Bobi Bani
Proyek pembangunan ruang observasi dan isolasi pasien infeksi virus di Pulau Galang, Batam./Bisnis-Bobi Bani

Bisnis.com, PEKANBARU—PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Batam berupa Perangkat Call Center CloudX untuk memudahkan komunikasi di Rumah Sakit Khusus (RSK) Corona Batam di Pulau Galang.

Mulyadi Indra, GM Consumer Sales Regional Sumbagteng Telkomsel, mengatakan perangkat tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dari sisi komunikasi selama masa penanganan pandemi COVID-19 di RSK Corona Batam yang mulai beroperasi pada Selasa (7/4/2020).

Call center ini digunakan untuk menghubungkan masyarakat dengan unit-unit terkait yang ada di rumah sakit tersebut sesuai dengan kebutuhan medisnya,” kata Mulyadi melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (7/4/2020).

Adapun Call Center CloudX memungkinkan satu nomor memiliki beberapa fitur yang akan memudahkan call center untuk melayani banyak panggilan dalam waktu bersamaan. 

Mulyadi menjelaskan bahwa masyarakat dapat menghubungi call center RSK Corona Batam pada nomor 08116666555 yang nantinya akan langsung tersambung dengan layanan operator, administrasi, atau Unit Gawat Darurat (UGD). 

Selain memberi bantuan perangkat call center tersebut, Telkomsel juga memberikan Paket Socienty for Hospital secara gratis untuk 40 petugas medis di RSK Corona Batam. Adapun, paket tersebut terdiri dari kuota internet 20GB, nelpon sepuasnya tanpa batas ke sesama operator, dan 100 menit nelpon ke operator lain. 

Upaya perseroan dalam mendukung pemerintah untuk menangani kasus COVID-19 disebut Mulyadi telah dilakuan sejak awal pembangunan RSK Corona Batam tersebut.

Kala itu, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) ini menghadirkan 1 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) dengan konfigurasi 2G dan 4G yang memanfaatkan spektrum 900 MHz. 

Selain itu, perseroan juga menambah kapasitas dan jangkauan untuk layanan 2G dan 4G di Pulau Galang. 

“Kesiapan jaringan Telkomsel pada wilayah sekitar rumah sakit juga dibuktikan dengan kecepatan download mencapai 50 Mbps dan upload 20 Mbps, di mana latency lebih kecil dari 10 ms,” jelas Mulyadi. 

Saat ini, Telkomsel merupakan salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan lebih dari 170 juta. Telkomsel juga telah menggelar lebih dari 209.000 BTS untuk melayani pelanggan di seluruh Indonesia, termasuk di daerah terpencil dan pulau terluar.

Sementara RSK Corona Batam di Pulau Galang ini terdiri dari gedung observasi bekas bangunan eks pengungsi Vietnam yang bisa menampung 240 tempat tidur.

Kemudian, ada gedung observasi satu yang bisa menampung 50 tempat tidur. Ada pula gedung observasi dua dengan kapasitas 50 tempat tidur serta gedung-gedung lain sebagai pendukung yang bisa menampung 460 pasien apabila akan digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper