Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumsel Realokasi Anggaran Rp100 Miliar untuk Penanganan Corona, Perdin Dipangkas

Pemprov Sumsel menyisihkan dana Rp100 miliar dari APBD 2020 untuk penanganan Virus Corona atau Covid-19 di daerah tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  15:05 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru menandatangani MoU dengan BPJS Kesehatan terkait kepesertaan program BPJS Kesehatan. Istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru menandatangani MoU dengan BPJS Kesehatan terkait kepesertaan program BPJS Kesehatan. Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menyisihkan dana Rp100 miliar dari APBD 2020 untuk penanganan Virus Corona atau Covid-19 di daerah tersebut.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan cadangan dana tersebut sesuai dengan instruksi pemerintah pusat agar pemda melakukan realokasi anggaran untuk penanggulangan wabah Corona.

“Kami tindaklanjuti Kepres dan Inpres tentang cadangan keuangan untuk realokasi dan refokusing anggaran. Jadi dana Rp100 miliar itu akan digunakan untuk Covid-19 dan dampaknya,” katanya usai rapat koordinasi Covid-19, Selasa (24/3/2020).

Deru menambahkan besaran realokasi itu didapat dari berbagai efisiensi yang dilakukan pemprov, mulai dari menunda perjalanan dinas (perdin) hingga penyelenggaraan acara yang bersifat seremonial.

“Sekda saya perintahkan untuk mengatur potensi [belanja] mana saja yang dapat direalokasi. Titik beratnya di belanja dinas ke luar dan seremonial,” katanya.

Deru menegaskan realokasi dan refocusing anggaran itu berlaku untuk semua instansi yang menggunakan dana APBD.

Menurut dia, cadangan APBD tersebut diharapkan dapat mengatasi dampak sosial-ekonomi setelah merebaknya pandemi Covid-19.

Nantinya, dana tersebut juga akan digunakan untuk bantuan sosial bagi masyarakat yang rentan terdampak secara ekonomi.

“Kami minta BPS (Badan Pusat Statistik) deteksi calon penerima bantuan, termasuk juga Dinas Sosial untuk mendata jumlah keluarga penerima manfaat jika bertambah setelah adanya Covid-19,” kata Deru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top