Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Lonjakan Pasien Corona, RSUP M Djamil Dirikan Posko Kesehatan

Langkah antisipatif disiapkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil guna mencegah lonjakan pasien Corona. 
Ilustrasi-Tenaga medis bersiap untuk mengevakuasi seorang pasien yang tiba dengan ambulans di rumah sakit di Brescia, Italia, Jumat (13/3/2020).  Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Italia cukup signifikan dengan pertumbuhan jumlah kematian pasien yang mencapai 14 persen. Bloomberg/Francesca Volpi
Ilustrasi-Tenaga medis bersiap untuk mengevakuasi seorang pasien yang tiba dengan ambulans di rumah sakit di Brescia, Italia, Jumat (13/3/2020). Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Italia cukup signifikan dengan pertumbuhan jumlah kematian pasien yang mencapai 14 persen. Bloomberg/Francesca Volpi

Bisnis.com, PADANG - Langkah antisipatif disiapkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil guna mencegah lonjakan pasien terinfeksi virus Corona.  

RSUP M Djamil Padang, Sumbar, mendirikan posko kesehatan untuk mencegah terjadinya lonjakan pasien yang dicurigai terpapar virus COVID-19 yang dirujuk ke rumah sakit tersebut.

"Posko didirikan di depan ruang isolasi yang terdiri atas dua tenda, satu tenda untuk pasien dan satu tenda lagi untuk tim medis," kata Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil Padang Gustavianof, di Padang, Minggu (22/3/2020).

Gustavianof menjelaskan bahwa kedua tenda itu merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Sumbar.

"Karena ruangan isolasi memang sudah tidak ada lagi, maka kita membutuhkan posko untuk mengantisipasi penambahan jumlah pasien yang dicurigai Covid-19," kata Gustavianof.

Gustavianof menjelaskan posko tersebut merupakan tempat pemeriksaan kedua setelah dilakukan pemeriksaan pertama di ruangan instalasi gawat darurat (IGD).

"Setelah dilakukan pemeriksaan di IGD, pasien akan dipindahkan ke posko untuk menentukan statusnya. Apakah pasien tersebut hanya demam biasa atau diduga Covid-19. Jika diduga Covid-19 maka pasien tersebut akan dirawat di ruang isolasi sesuai standar operasional prosedur (SOP)," kata Gustavianof.

Gustavianof menyebutkan posko tersebut juga dilengkapi tempat tidur, beberapa alat medis dan pendingin ruangan sehingga pasien yang ditempatkan di posko itu bisa nyaman.

Lebih lanjut ia mengatakan posko kesehatan tersebut mulai beroperasi pada beberapa hari ke depan.

Ia juga menyebutkan saat ini RSUP M Djamil Padang telah menyediakan 100 perangkat alat pelindung diri (APD) tim medis berupa pakaian hazmat, masker, dan alat pelindung diri lainnya untuk penanganan lanjut pasien diduga Covid-19.

"Akan tetapi tetap saja tidak akan mencukupi jika jumlah pasien terus bertambah, apalagi saat ini APD tersebut sudah mulai langka. Namun pihak rumah sakit akan terus berupaya untuk pengadaannya," ujar Gustavianof.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper