Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bawang Putih di Dharmasraya Naik Rp30.000 Dua Pekan Terakhir

Harga bawang putih di Pasar Tradisional Sikabau, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, naik dari Rp30.000 menjadi Rp60.000 per kilogram sejak dua pekan terakhir.
Bawang putih./Antara
Bawang putih./Antara

Bisnis.com, PULAU PUNJUNG – Harga bawang putih di Pasar Tradisional Sikabau, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, naik dari Rp30.000 menjadi Rp60.000 per kilogram sejak dua pekan terakhir.

Salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Iman (43) di Pulau Punjung, Sumbar, Senin (10/2/2020), mengatakan kenaikan harga komoditas bumbu dapur tersebut karena pasokan berkurang.

"Bawang putih berangsur naik sejak dua minggu lalu, kami pedagang tidak dapat berbuat banyak terpaksa menaikkan harga karena membeli dengan mahal juga," katanya.

Pedagang lainnya Mak Itam (46) juga mengungkapkan naiknya harga bawang putih karena pasokan yang terus menipis.

"Harga bawang putih naik secara berangsur, dari Rp50.000 per kilogram, naik Rp55.000 per kilogram, dan mencapai Rp60.000 per kilogram hari ini," ujarnya.

Komoditas yang stabil adalah tomat di kisaran harga Rp8.000 per kilogram dan kentang Rp12.000 per kilogram. Kemudian cabai merah kisaran Rp30.000-Rp35.000 per kilogram, cabai hijau Rp25.000 hingga Rp28.000 per kilogram, kata dia

Ibu rumah tangga, Putri (27) mengaku tetap membeli bawang dengan harga tinggi untuk memenuhi kebutuhan dapur. "Iya, bawang putih mahal, namun tetap harus beli untuk kebutuhan dapur, cuma belinya tidak banyak," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan pasokan bawang putih dalam negeri cukup tersedia meski pemerintah menghentikan impor sementara dari China menyusul pengumuman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa virus corona sebagai darurat global.

"Cadangan untuk bawang putih panen lokal kami sudah siapkan. Insya Allah memenuhi apa yang menjadi kebutuhan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper