Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Kejar Perluasan Pangkalan Elpiji di Sumut

PT Pertamina (Persero) menargetkan program satu desa satu pangkalan di Sumatra Utara dapat terealisasi penuh pada 2020.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN - PT Pertamina (Persero) menargetkan program satu desa satu pangkalan di Sumatra Utara dapat terealisasi penuh pada 2020.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I Roby Hervindo menyampaikan sejak dimulai awal tahun 2019, saat ini program satu desa satu pangkalan terealisasi sekitar hampir 70% untuk wilayah Sumatra Utara.

Kondisi geografis yang menantang menjadi kendala utama dalam perluasan pangkalan hingga tingkat desa.

Adapun perluasan pangkalan di tingkat kabupaten/kota telah mencapai 100%, sedangkan di tingkat kecamatan sekitar 99%.

"Kami masih kejar terus untuk perluasan titik pangkalan di tingkat kelurahan. Kami targetkan tahun ini bisa sepenuhnya, setidaknya untuk daerah yang secara geografis tidak terlalu menyulitkan," katanya, Selasa (4/2/2020).

Perseroan bakal menggenjot perluasan titik pangkalan hingga tingkat desa di sejumlah kabupaten/kota pada tahun ini, seperti Kabupaten Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, dan Nias. Terutama untuk Kabupaten Nias, perluasan pangkalan di tingkat desa baru terealisasi sekitar 25%.

Guna mengejar realisasi program ini, perseroan terus berkoordinasi dengan badan usaha milik desa (BUMDes) dan pemerintah daerah.

Hingga Januari 2020, realisasi penyaluran elpiji subsidi di Sumut mencapai sekitar 7 juta tabung. Realisasi ini naik 6% dibandingkan dengan penyaluran pada periode yang sama tahun lalu sekitar 6,5-6,6 juta tabung.

Adapun sepanjang 2019 realisasi penyaluran elpiji di Sumatra Utara sekitar 370.000 metrik ton atau kelebihan 1,5% dari kuota sekitar 364.000 metrik ton.

Sebagai informasi, program satu desa satu pangkalan bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat mendapatkan elpiji 3 kg dengan harga standar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper