Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Baru, Trafik Data Telkomsel Melonjak 61% di Riau

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat lonjakan trafik layanan atau payload di wilayah Provinsi Riau pada momen tahun baru 2020 dibandingkan tahun baru sebelumnya.
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan/JIBI-Rachman
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan/JIBI-Rachman

Bisnis.com, PEKANBARU—PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat lonjakan trafik layanan atau payload di wilayah Provinsi Riau pada momen tahun baru 2020 dibandingkan tahun baru sebelumnya.

General Manager Network Operation and Quality Management (GM NOQM) Sumbagteng Alvo Ismail mengungkapkan pada momen pergantinan tahun baru 2020 tercatat trafik layanan Telkomsel sebanyak 1,03 juta erlang dan payload sebesar 1.006 PB.

“[Naik] 7,44% dibandingkan dengan rata-rata pada hari normal dan dibandingkan dengan periode tahun baru 2018/2019 naik 61%,” katanya kepada Bisnis, Rabu (8/1/2020).

Adapun Kota Pekanbaru menjadi wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi di Provinsi Riau, yaitu sebesar 5,0% dibandingkan dengan hari normal.

Alvo menambahkan bahwa sumber kontribusi terbesar penggunaan layanan dana berasal dari aktivitas media social serta streaming film dan video.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen pergantian tahun tersebut, Telkomsel telah menambah new-site-4Gupgrade kapasitas, dan mementuk posko 24 jam monitoring traffic.

Saat ini, Telkomsel menguasai pangsa pasar penggunaan layanan data di Provinsi Riau sebesar 67%.

Adapun pada periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Telkomsel mencatat aktivitas video streaming dan media sosial menjadi fitur yang paling difavoritkan pelanggan.

Secara umum, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyebutkan kontribusi tertinggi penggunaan layanan data berasal dari pelanggan yang memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial yang mencapai sekitar 36%. 

Sedangkan pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming berkontribusi sebesar 26%.

Oleh karena itu, trafik layanan data Telkomsel se-nasional sepanjang periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 meningkat sekitar 16%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper