Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Ikan Budi Daya Air Tawar Pariaman Naik

Produksi budi daya ikan air tawar di Kota Pariaman, Sumatera Barat, pada 2019 mencapai 318 ton atau naik dua ton dari tahun sebelumnya yang 316 ton.
Ilustrasi./Antara-Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi./Antara-Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, PARIAMAN - Produksi budi daya ikan air tawar di Kota Pariaman, Sumatera Barat, pada 2019 mencapai 318 ton atau naik dua ton dari tahun sebelumnya yang 316 ton.

"Ikan tersebut dibudi daya oleh warga Kota Pariaman yang tergabung dalam 27 kelompok pembudi daya ikan (pokdakan)," kata Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Pariaman Dasril melalui Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Citrha Aditur Bahri di Pariaman, Selasa (7/1/2020).

Ia menyebutkan produksi terbanyak yaitu pada Oktober berjumlah 30,94 ton, lalu disusul Juni dengan jumlah produksi 30,18 ton.

Adapun produksi ikan air tawar berdasarkan jenisnya yang dibudi daya di daerah itu yaitu ikan mas 11,12 ton, nila 80,80 ton, gurami 39,36 ton, patin 7,03 ton, dan lele 180,50 ton.

Ia mengatakan tingginya produksi budi daya lele tersebut karena permintaan pasar terhadap ikan itu tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

"Harapan kami, warga Kota Pariaman meningkatkan konsumsi ikan guna memenuhi kebutuhan gizi," katanya.

Ia menyampaikan kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Kota Pariaman mencapai 40 kilogram per orang setiap tahunnya.

Ia menyampaikan untuk meningkatkan produksi ikan budi daya di daerah itu pihaknya menyediakan benih ikan melalui Balai Benih Ikan (BBI).

"BBI juga menjadi pusat pelatihan bagi pembudi daya ikan guna meningkatkan ilmunya," ujarnya. Namun, lanjutnya saat ini pembudi daya lebih cenderung membeli benih ikan ke BBI dari pada pembudi daya penyedia benih ikan.

"Ke depan kami berupaya agar pembudi daya tidak saja membeli benih di BBI namun juga penyedia benih lainnya," kata dia.

Upaya tersebut, tambahnya yaitu dengan membuat kesepakatan penyedia benih memproduksi ikan ukuran kecil sampai sedang sedangkan BBI menyediakan benih ikan ukuran sedang sampai besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper