PGN Palembang Tambah Pelanggan UMKM dan Komersil

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) Area Palembang menambah sebanyak 7 pelanggan sektor UMKM dan komersil di kota itu pada pengujung tahun 2019.
Caption: Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk memeriksa pipa gas di Kota Palembang/Istimewa
Caption: Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk memeriksa pipa gas di Kota Palembang/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) Area Palembang menambah sebanyak 7 pelanggan sektor UMKM dan komersil di kota itu pada pengujung tahun 2019.

Sales Area Head PGN Area Palembang, Agus Muhammad Mirza, mengatakan pihaknya bakal menyalurkan gas bumi ke 5 gerai rumah makan, 1 usaha laundry dan 1 hotel.

“Energi gas bumi masih akan menjadi prioritas utama solusi energi yang ramah lingkungan,” katanya, Selasa (10/12/2019).

Salah satu rumah makan yang baru menikmati gas bumi adalah Restoran Gili Trawangan. Usaha tersebut akan menggunakan gas bumi sejumlah 3.000 - 4.000 m3 per bulan.

“Dengan harga gas bumi PGN sebesar Rp.6.400 per meter kubik, secara otomatis penghematan akan lebih dirasakan oleh [restoran] Gili Trawangan,” katanya.

Dia berharap dari efisiensi tersebut dapat membantu pengembangan bisnis gerai UMKM yang bersangkutan.

Selain Gili Trawangan pelanggan lainnya yang sudah memanfaatkan gas bumi PGN untuk bahan bakar diantaranya adalah Medis Central Asia dan RM Rajawali Kopitiam, kemudian 2 gerai Brasserie Bakery & Resto di KM-5 dan Central Kitchen Mayor Ruslan yang dalam minggu ini akan dilaksanakan pengaliran gas.

Sedangkan 2 calon pelanggan lain yakni Hotel Harper dan X.O. Suki-Dimsum Merbau masih menunggu selesainya proses perizinan oleh pihak terkait.

Menurut Mirza, Saat ini gas bumi menjadi bahan bakar alternatif yang semakin dicari oleh konsumen, utamanya oleh pelanggan sektor komersial, karena tidak dapat dipungkiri memang dari sisi efisiensi dan keamanan lebih baik.

PGN sendiri mulai menyalurkan gas bumi untuk wilayah Palembang semenjak tahun 1998 dengan porsi jumlah pelanggan saat ini sebanyak 91 pelanggan komersial industri di Kota Palembang, Mirza berharap nantinya kedepan akan lebih banyak lagi pelaku UMKM yang menggunakan gas bumi.

Mirza menuturkan bahwa PGN tetap berkomitmen untuk meneruskan energi baik gas bumi ke pelanggan terutama UMKM dan memberikan layanan menyeluruh bagi seluruh pelanggan sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Gas bumi memiliki peran penting dalam bauran energi  untuk mencapai kedaulatan energi nasional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper