Keuletan Warga Sakai Menjadi Mandiri

PROGRAM pengembangan masyarakat harus mampu menciptakan kemandirian, bukan justru melahirkan ketergantungan.

Bisnis.com, JAKARTA -- PROGRAM pengembangan masyarakat harus mampu menciptakan kemandirian, bukan justru melahirkan ketergantungan.

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan pola pikir yang progresif-inovatif sehingga dapat mengembangkan potensi terbaik dari masing-masing individu.

Muhammad Yatim, 76, seorang pemuka Suku Sakai di Desa Kesumbo Ampai, Mandau, Bengkalis, sangat merasakan pentingnya dan manfaat pendidikan.

Sekitar tahun 1950-an, berdiri Sekolah Rakyat (SR) di Duri, ibu kota Kecamatan Mandau.

”Saya masuk SR waktu berumur 23 tahun. Gurunya adalah orang Jawa yang dibawa Jepang dulu,” kenang Yatim.

Lokasi sekolah tersebut, lanjut dia, sekarang menjadi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang terletak di dekat kantor camat.

”Sebagian besar murid sekolah itu adalah warga pendatang,” imbuh Yatim seperti yang pernah terbit di Koran Tribun Pekanbaru beberapa waktu lalu. Kehadiran warga dari berbagai wilayah lain di Indonesia mulai mewarnai Duri seiring peningkatan kegiatan operasi Caltex, atau sekarang dikenal sebagai PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI). Sebagian besar dari mereka ingin menjadi pegawai Caltex dan sebagian lainnya datang untuk berdagang.

” Sekolah Rakyat itu berdiri kira-kira empat tahun setelah Caltex masuk,” tutur Yatim.

Setelah lulus SR, Yatim melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP. Waktu itu, hanya ada dua SMP swasta di Duri, yaitu SMP Setiawan -- yang sekarang menjadi SMP Negeri 4-- dan SMP Santo Yosef.

Dengan bekal pendidikan dan jejaring yang dibangun, Yatim kemudian mendapatkan pekerjaan di Pertamina Putri Tujuh, Dumai, sebagai tenaga honorer.

Selama bekerja di sana, dia berkesempatan untuk belajar dan bertugas di beberapa kota lain, termasuk Jakarta.

Pengalaman berkeliling ke berbagai kota mampu membuka wawasan Yatim. Dia kemudian berpikir untuk berkontribusi memajukan warga sukunya, yakni Suku Sakai.

”Pada awalnya, yang paling utama saya lakukan adalah mengajarkan baca tulis huruf Hijaiyah kepada anak-anak Sakai. Saya melakukannya setiap kali pulang dari bekerja,” ungkapnya. Dia ingin anak-anak Sakai dapat mengenyam Pendidikan setinggi mungkin.

Perkenalan Yatim dengan PT CPI bermula dari keikutsertaan masyarakat Sakai dalam Festival Seni Budaya Suku Asli se-Asia Pasifik di Pekanbaru pada tahun 1991.

Dari perkenalan itu, PT CPI kemudian membangun rumah adat Sakai dan membantu untuk memperkenalkan seni budaya Sakai kepada keluarga para karyawan PT CPI.

“Kami menjadi sering diundang untuk mementaskan seni budaya Sakai dalam acara- acara di dalam perumahan PT CPI di Rumbai dan Duri.”

Tidak berhenti di situ. Yatim juga berkeinginan agar anak anak Sakai yang tamat SMA dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Dia bertemu dengan Syahril, seorang warga Sakai dari Pematang Pudu, yang berkuliah dengan beasiswa dari PT CPI. Syahril pernah terpilih sebagai anggota DPRD Riau pada 2004, ketika masih berusia 30 tahun. Dia mendapatkan beasiswa dari PT CPI mulai jenjang SD hingga S2.

Karena satu pemikiran, Syahril dan Yatim pun berdiskusi untuk mencari jalan agar semakin banyak anak Sakai yang mengenyam pendidikan.

Dari situlah, mereka kemudian berdiskusi dengan pihak PT CPI untuk memberikan bantuan pendidikan untuk anak anak Sakai mulai jenjang sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi.

Usulan tersebut ternyata disambut baik. Dengan bantuan beasiswa PT CPI, lanjut Yatim, anak-anak Sakai saat ini sudah banyak yang mengecap pendidikan sampai ke perguruan tinggi dan duduk sejajar dengan suku-suku lain di Indonesia.

Setidaknya, hampir 2.000 anak-anak Sakai yang pernah mendapatkan beasiswa tersebut.

“Setelah tamat SMA atau universitas, kami sambut mereka kembali ke kampung dengan upacara upah-upah dan tepung tawar. Kami pasang foto-foto mereka di rumah adat Sakai,” jelas Yatim.

Warga Sakai saat ini sudah banyak yang mengembangkan diri di luar kampung halaman. Mereka menekuni berbagai bidang profesi maupun usaha.

Sebagian lagi mengembangkan keahlian dan keterampilan mereka di kampung halaman melalui bidang pertanian dan peternakan.

Masyarakat Sakai yang dulu dikenal banyak menggantungkan hidupnya dari hasil hutan, sekarang lebih mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan di sekitar tempat tinggal mereka.

Salah satunya adalah Mus Mulyadi, 44, putra asli Sakai yang pernah duduk sebagai anggota DPRD Bengkalis. Mulai dari nol, dia kini berhasil mandiri berkat kegigihan dan kemauan kerasnya untuk terus belajar.

Pada 1999-2000, Mus Mulyadi mulai bekerja padat karya di lingkungan PT CPI dengan tugas menyapu, membersihkan parit, dan memotong rumput.

Mus Mulyadi kemudian berkeinginan untuk menjadi pengusaha. Awal tahun 2000-an, PT CPI meluncurkan Program Local Business Development (LBD), atau program pengembangan usaha lokal, yang bertujuan mengembangkan kemampuan pengusaha-pengusaha kecil di sekitar wilayah operasi Perusahaan.

”Selain bidang pendidikan, program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan PT CPI juga menyentuh bidang ekonomi kecil dan menengah,’’ jelasnya.

Mus Mulyadi merupakan ketua pertama Gapensus Duri yang membuat kerja sama dengan PT CPI. Gapensus kependekan dari Gabungan Pengusaha Suku Sakai. Saat ini, jelas Mus Mulyadi, ada 43 badan usaha milik Sakai yang tergabung dalam Gapensus.

Pada 2012, Mus Mulyadi mulai merambah ke bidang pertanian terpadu. Dengan dukungan PT CPI, dia dan beberapa keluarga Sakai membuat peternakan ikan di kolam berukuran 10 m x 20 m.

Mereka diberikan 10 ribu bibit ikan lele, pakan, pelatihan, hingga pendampingan agar usaha tersebut berkesinambungan. ”Saya dikirim ke berbagai daerah untuk belajar budidaya ikan ke Sukabumi, Garut, dan beberapa daerah lainnya,” ungkap Mus Mulyadi.

Kelompok yang dia pimpin mengembangkan pertanian terpadu di atas lahan seluas 12 hektar.

Perlahan tapi pasti, usaha mereka mulai berkembang. Mulai dari satu kolam, kemudian menjadi dua kolam, tiga kolam, hingga sekarang 16 kolam.

Masing-masing kolam berisikan 20 ribu ekor lele, kecuali lele di keramba berukuran 5 x 10 meter yang berisi 10 ribu ekor. Saat ini, kelompoknya mengelola 24 keramba. Mereka menabur benih ikan setiap 10 hari sekali.

”Usaha ini sangat menjanjikan bagi saya maupun para keluarga Sakai yang ikut,” terangnya. Saat ini, kelompok taninya mampu memasok hampir 1 ton ikan lele per hari ke pasar-pasar di Dur, dan 500 kg per minggu ke langganan di Dumai.

Setelah budidaya ikan berkembang, kemudian Mus Mulyadi melihat peluang lain. Yakni, bertanam buah dan sayuran.” Pihak PT CPI menantang kami untuk membuktikan bahwa kami mampu melakukan apa yang kami inginkan.

Kami menyambut tantangan itu dengan bekerja keras, mencangkuli tanah untuk membuat kebun,” kenang Mus Mulyadi.

Pada tahap awal, mereka menanam cabai, timun, dan kacang. Kemudian berkembang ke peternakan ayam, bebek, dan burung puyuh. Ada juga masyarakat Sakai yang menekuni peternakan dan penggemukan sapi.

”Saya senang karena kerja keras kami membuahkan hasil. Kini, masyarakat Sakai sudah mampu untuk membeli sepeda motor maupun keperluan lainnya. Bahkan juga ada yang membuat usaha budidaya ikan atau tanaman sendiri,” ceritanya.

Lokasi pertanian terpadu yang mereka kelola sekarang juga menjadi tujuan belajar dan wisata.

”Tempat kami sering dipakai untuk pelatihan dari berbagai daerah di Riau. Banyak juga anggota masyarakat dan anak sekolah, terutama TK, yang datang kemari untuk belajar. Mereka bisa menanam sayuran dan datang lagi beberapa minggu kemudian untuk memanen,” terangnya.

Saat menjabat sebagai anggota DPRD Bengkalis awal tahun 2019 lalu, Mus Mulyadi sempat ditunjuk sebagai sebagai ketua Pansus Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertugas membentuk Forum CSR. Di situ, Mus Mulyadi menjadikan program CSR PT CPI sebagai contoh untuk perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis. ”Ranperda sudah jadi dan sedang menunggu persetujuan Bupati untuk dilaksanakan.”

Mus Mulyadi menegaskan, pelaksanaan program-program pengembangan masyarakat harus dibarengi oleh kerja keras, keuletan, dan semangat pengembangan diri para penerima manfaat.

Manfaatkan program-program itu untuk menjadikan diri kita lebih mandiri, berdiri di kaki sendiri untuk masa depan yang lebih baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper