Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemda Sumut Diminta Proaktif Usulkan Revitalisasi Pasar

Kementerian Perdagangan mengusulkan pemerintah daerah wilayah Sumatra Utara untuk melakukan revitalisasi beberapa pasar tradisional. Hal tersebut sebagai salah satu langkah untuk menjaga stabilitas ketersediaan bahan pokok di wilayah tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN-- Kementerian Perdagangan mengusulkan pemerintah daerah wilayah Sumatra Utara untuk melakukan revitalisasi beberapa pasar tradisional. Hal tersebut sebagai salah satu langkah untuk menjaga stabilitas ketersediaan bahan pokok di wilayah tersebut.

Direktur Tertib Niaga dan Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono mengatakan masih banyak ditemukan pasar tradisional yang kondisinya kurang layak, salah satunya adalah Pasar Sentral.

"Kementerian Perdagangan ada dana untuk revitalisasi pasar. Kami menyarankan pemda mengajukan usulan dengan rekomendasi Kepala Dinas Provinsi, mudah-mudahan dapat segera dilakukan," kata Veri, Rabu (4/12/2019).

Untuk itu, dia meminta pemerintah provinsi untuk melakukan koordinasi dan pendataan terhadap pasar-pasar yang perlu dilakukan revitalisasi, salah satu pasar yang diusulkan adalah Pasar Sentral. Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan tidak hanya di Pasar Sentral namun juga di beberapa wilayah Sumatra Utara yang memenuhi persyaratan.

Guna merealisasikan hal tersebut, lanjutnya, pemda kabupaten/kota harus lebih proaktif komunikasi, baik dengan pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat. "Kami ada dana alokasi khusus ke kabupaten/kota. Kami akan memberikan kepada kabupaten/kota yang aktif," tambahnya.

Selain itu, pemerintah pusat melalui kementerian perdagangan akan membentuk sistem gudang-gudang online dengan gudang milik pemda untuk mempermudah melakukan monitoring ketersediaan bahan pangan.

Menanggapi terkait revitalisasi pasar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Sumut Zonny Waldi mengatakan sebekumnya pihaknya juga telah meminta kepada pemerintah kabupaten/kota untuk mengusulkan revitalisasi ataupun pembangunan pasar baru.

"Kemarin di Nias ada penjual-penjual yang di pinggir jalan. Jadi sebenarnya embrionya sudah ada," kata Zonny.

Hingga saat ini, lanjut Zonny, sudah terdaoat kurang lebih tiga pasar yang diusulkan untuk dilakukan revitalisasi pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper