Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APBD Palembang 2020 Menurun

APBD Kota Palembang tahun 2020 tercatat senilai Rp4,4 triliun. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan APBD 2019 yang mencapai Rp4,6 triliun.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG – APBD Kota Palembang tahun 2020 tercatat senilai Rp4,4 triliun. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan APBD 2019 yang mencapai Rp4,6 triliun.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan terdapat dua faktor yang membuat APBD tahun 2020 menurun.

“Pertama karena dana hibah belum masuk. Kedua, piutang provinsi senilai Rp300 miliar kepada Pemkot Palembang tidak masuk dalam anggaran karena saat penyusunan belum dibayar,” katanya, Kamis (21/11/2019).

Meski APBD turun, Harnojoyo menegaskan, hal tersebut tidak menjadikan target pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palembang ikut turun. Malah, kata Harnojoyo, PAD Kota Palembang diperkirakan naik dari Rp1,6 triliun menjadi Rp1,8 triliun pada tahun depan.

Walikota berharap setelah disahkan, Rancangan APBD akan dievaluasi ke provinsi sehingga bisa dijalankan.

“Meski dari sumbangan sektor pajak belum mencapai target itu bagian dari optimalisasi, kami yakin untuk 2020 target bisa tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, DPRD Kota Palembang menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Kota Palembang tahun anggaran 2020 mencapai Rp4,4 triliun.

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengatakan, dalam Raperda APBD 2020 yang disetujui adalah sebesar Rp4,4 triliun.

“Penerimaan telah disepakati sebesar Rp4,416 triliun. Meskipun ada beberapa catatan dari komisi, kami yang harus menjadi perhatian OPD terutama mematangkan rancangan dan menjalankan program secara efisien dan akuntabel,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper