Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Pimpinan Baru PLN Sumut, Wagub Ingin Objek Wisata & Desa Diprioritaskan

PLN diminta memprioritaskan kelustrikan untuk pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba.
Danau Toba/Antara-Sigid Kurniawan
Danau Toba/Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah mengatakan dengan dilantiknya General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut yang baru M. Irwansyah Putra, BUMN itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan di Sumut.

Musa yang akrab disapa Ijeck mengatakan objek wisata dan desa diharapkan dapat menjadi program prioritas pengembangan pelayanan PLN, sesuai dengan visi dan misi Pemprov Sumut.

Objek wisata yang menjadi fokus, menurut Wagub, antara lain Danau Toba. Pemprov Sumut sedang berupaya menggenjot pembangunan destinasi wisata kelas dunia tersebut. Pengembangan Danau Toba juga merupakan program pemerintah pusat, sehingga perlu menjadi prioritas utama.

“Kita sedang kuat-kuatnya untuk mengembangkan pariwisata Sumut dan yang menjadi fokus utama adalah Danau Toba. Jadi, kami pemerintah tentu berharap kepada Pak Irwansyah melanjutkan keselarasan program Pemprov Sumut dengan PLN,” kata Ijeck pada Selasa (19/11/2019).

Adapun sbelumnya 29 Oktober 2019, PT PLN telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, untuk memasok listrik di 10 destinasi wisata prioritas, salah satunya adalah Danau Toba.

Bukan hanya objek wisata prioritas, Ijeck juga berharap PT PLN bisa memenuhi kebutuhan listrik desa-desa di Sumut, terutama di Nias.

“Selain Danau Toba, desa juga perlu kita perhatikan, terutama Nias, karena di Nias masih banyak yang belum menikmati listrik. Ini tentu menghambat perkembangan Nias,” tambah Wagub.

Irwansyah Putra menyampaikan, keselarasan program-program PT PLN dengan Pemprov Sumut akan semakin meningkat, karena memiliki misi yang sama.

“Saya melanjutkan pekerjaan pimpinan PLN sebelumnya yang sudah punya hubungan baik dengan Pemprov Sumut. Sekarang kita fokus ke pelayanan kelistrikan di Danau Toba dan PT PLN memang sudah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mewujudkan ini,” kata Irwansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper