Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumut Sinergikan Upaya Konservasi Lingkungan

Upaya konservasi lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama dan bersinergi semua kelompok, baik pemerintah, swasta, masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan lainnya.

Bisnis.com, MEDAN – Upaya konservasi lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama dan bersinergi semua kelompok, baik pemerintah, swasta, masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan lainnya.

Hal ini diutarakan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat membuka Coalition for Sustainable Livelihoods (CSL) dengan tema “Konservasi, Restorasi, Kesinambungan Produksi, dan Investasi pada Kawasan Hutan Sumut dan Aceh” di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Rabu (30/10/2019).

“Untuk itu, pertemuan dalam rangka memaksimalkan koalisi masing-masing pemangku kepentingan CSL ini menjadi sangat penting, khususnya jadi masukan bagi kami Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Aceh dalam melindungi kawasan hutan dan keanekaragaman biodiversitas yang ada,” kata Musa yang akrab disapa Ijeck.

Pemprov Sumut sendiri dalam melakukan perencanaan ruang telah memiliki perangkat kebijakan pendukung seperti Perda No 2 Tahun 2017 mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sumut Tahun 2017-2037 dan Perda No 5 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Sumut Tahun 2019-2023.

“Prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan ruang yang berdasarkan kepada sensitivitas ekologi serta sosial menjadi dasar utama dalam pengambilan keputusan pembangunan. Bagaimana agar pembangunan tetap jalan, lingkungan tetap lestari, dan masyarakat sejahtera,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ijeck menambahkan, sudah saatnya mengubah mindset bahwa pembangunan bukan berarti harus merusak dan eksploitasi hutan dan lingkungan. Sebaliknya, laju pembangunan juga bisa bergandengan dengan laju kelestarian lingkungan. Asalkan, pelaksanaan pembangunan diwujudkan dengan cara-cara yang benar.

“Misalnya edukasi cara membuka lahan tanpa bakar, jangan berladang atau bermukim di kawasan tertentu yang merusak keseimbangan ekosistem, dan lainnya,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kasubdit Pemulihan Ekosistem Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Mamat Rahmat menyampaikan pendekatan pengelolaan konservasi, di antaranya harus menempatkan masyarakat sebagai subyek, penghormatan nilai budaya dan adat, kepemimpinan multilevel, pengambilan keputusan berbasis sains, penghargaan dan pendampingan, dan lainnya.

“Pada prinsipnya, konservasi tidak bisa dipisahkan dari pembangunan berkelanjutan dan kehidupan manusia. Untuk itu, upayanya pun tak bisa hanya dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, melainkan semua elemen harus telibat. Manusia akan selalu membutuhkan alam,” tegasnya

Vice President Conservation International Indonesia Ketut S Putra mengungkapkan bahwa selama ini ada indikasi yang memperlihatkan bahwa pada dasarnya semua pihak ingin berbuat yang terbaik untuk alam. Hanya saja, pemerintah dengan regulasinya sendiri, LSM dengan kegiatan-kegiatannya sendiri, swasta dengan CSR di sektor lingkungan, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper