Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Sumut Tingkatkan Kemampuan Penanganan Gangguan di 5 Unit Pelaksana

PLN Sumatera Utara meningkatkan kemampuan pemeliharaan dan penanganan gangguan dengan membentuk Tim Petugas Dalam Keadaan Bertegangan dengan metode Sentuh Langsung yang pada tahap awal disebar ke lima Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan.
Teknisi Unit Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN melakukan perawatan/Bisnis-Rachman
Teknisi Unit Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN melakukan perawatan/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, MEDAN— PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara meningkatkan kemampuan pemeliharaan dan penanganan gangguan dengan membentuk Tim Petugas Dalam Keadaan Bertegangan dengan metode Sentuh Langsung yang pada tahap awal disebar ke lima Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara Feby Joko Priharto Sebelum ada unit kerja ini, PLN Sumut hanya memiliki PDKB berjarak yang secara teknis bertugas untuk tegangan rendah serta tidak menyentuh langsung kabel bertegangan.

“Dengan pembentukan tim ini, kini Sumut menjadi wilayah ketiga PLN di regional Sumatra yang memiliki tim PDKB SL, setelah Lampung dan Riau,” katanya,dikutip Selasa (29/10/2019).

Pada tahap awal, total anggota tim PDKB SL PLN UIW Sumut berjumlah 45 personel yang disebar ke lima Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), meliputi UP3 Medan, UP3 Medan Utara, UP3 Binjai, UP3 Lubuk Pakam dan UP3 Pematangsiantar. “Selanjutnya tahun depan, tim PDKB SL juga akan ditempatkan di lima wilayah UP3 lain di Sumut,”lanjutnya.

Tim PDKB SL tersebut dimaksudkan untuk melakukan pemeliharaan terencana terhadap jaringan distribusi tegangan menengah, tanpa pemadaman. Tim ini juga bertugas mengatasi gangguan jaringan yang sulit diatasi dengan penanganan biasa.

Selanjutnya, tim tersebut juga akan diberdayakan dalam pemasangan jaringan kepada pelanggan sehingga akan mempercepat proses pasang baru. Dia mengatakan selain dua kali lebih cepat, dengan pelibatan PDKB SL juga tidak perlu dilakukan pemadaman dalam proses pasang baru.

Feby memaparkan pada Semester I/2019, PLN UIW Sumut hanya membukukan pertumbuhan 4,6%. Angka itu bahkan kurang dari 50% target pertumbuhan pelanggan, meski memang masih sedikit di atas rerata nasional yang sebesar 4,1%.

Sementara untuk regional Sumatra, pertumbuhan pelanggan PLN UIW Sumut juga masih tertinggal dibandingkan dengan Aceh, Riau dan Lampung. Untuk itu, PLN UIW menggenjot kinerja pertumbuhan pada Semester II yang di antaranya dengan meningkatkan kemudahan listrik dan kepuasan pelanggan.

Guna meningkatkan kepuasan pelanggannya yang saat ini berjumlah lebih dari 3,7 juta, PLN Sumut kemudian mendorong upaya kehandalan pasokan listrik. Salah satunya adalah melakukan pemeliharan jaringan distribusi tanpa pemadaman oleh tim PDKB SL.

Lebih rinci, PDKB SL merupakan tim teknis pemeliharaan dan penanganan gangguan jaringan yang mampu bekerja dengan menyentuh langsung kabel bertegangan listrik menengah (20 kV). Tingginya risiko pekerjaan tersebut membuat mereka didukung berbagai alat pengaman diri (APD) yang sangat lengkap, plus kendaraan khusus berjenis crane.

Feby berharap pengerahan tim PDKB SL dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan meminimalisir pemadaman. Dengan adanya pasukan ini dia juga meyakini PLN UIW Sumut akan semakin percaya diri menggaungkan Electrifying Lifestyle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper