Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Kecil Menengah asal Kampar Riau Terima Sertifikat SNI

Industri kecil dan menengah air minum dalam kemasan atau IKM AMDK merek Air Sikumbang asal Kabupaten Kampar, menerima sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Bisnis.com, PEKANBARU – Industri kecil dan menengah air minum dalam kemasan atau IKM AMDK merek Air Sikumbang asal Kabupaten Kampar, menerima sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau Asrizal mengatakan penyerahan sertifikat itu dilakukan bersamaan dengan 20 IKM lainnya di Indonesia.

“Alhamdulillah IKM AMDK Sikumbang Kampar sudah mendapatkan sertifikat SNI dari BSN dalam kegiatan Bulan Mutu Nasional di Semarang. Ini keberkahan bagi IKM Riau,” ujarnya Selasa (15/10/2019).

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan pemetaan potensi IKM Riau yang bisa mengajukan proses sertifikasi SNI tahun ini, dan salah satunya memang Air Sikumbang Kampar.

Asrizal menyebut pemda juga telah menjalin kerjasama dengan Kantor Layanan Teknis BSN untuk melakukan proses pemetaan tersebut, sehingga terjaring IKM yang memiliki produk berkualitas dan layak mendapatkan sertifikat SNI.

Dari hasil pemetaan yang dilakukan, secara total ada lima IKM di Riau yang layak mendapatkan sertifikat SNI, termasuk Air Sikumbang. Empat lainnya yaitu IKM Rumbio Jaya Steel berupa produk alat pertanian untuk dodos sawit dan egrek. Lalu CV Satu Wahana Jaya Sentosa dengan produk Bakso Ikan Sanaya. Kemudian IKM Usaha Bakat dengan produk salai ikan Patin. Terakhir yakni UD Puti Buana dengan produk rendang daging sapi.

“Setelah pendampingan selama enam bulan dan pembinaan secara berkelanjutan, Air Sikumbang produk PT Kampar Sejahtera Abadi sudah mendapatkan sertifikat SNI dari BSN, untuk empat lainnya masih dalam proses untuk mendapatkan SNI,” ujarnya.

Adapun Air Sikumbang yang meraih SNI dari BSN saat ini memiliki empat jenis kemasan yang dijual di pasaran yaitu ukuran cup 220 ml, botol 330 ml, botol 600 ml, dan botol 1.500 ml.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper