Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabut Asap Penuhi Banda Aceh, BPBD Bagikan 10 Ribu Masker

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBA Muhammad Syahril disela pembagian masker mengatakan, Banda Aceh sudah terpapar kabut asap sejak kemarin.
Pengendara memakai masker yang dibagikan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh di Simpang Lima, Banda Aceh, Senin (23/9/2019). Hari ini, BPBD Aceh bersama  Kodim 0101/BS, Polresta Banda Aceh dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh membagikan sekitar 10 ribu masker kepada pengguna jalan.
Pengendara memakai masker yang dibagikan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh di Simpang Lima, Banda Aceh, Senin (23/9/2019). Hari ini, BPBD Aceh bersama Kodim 0101/BS, Polresta Banda Aceh dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh membagikan sekitar 10 ribu masker kepada pengguna jalan.

Bisnis.com, BANDA ACEH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh bekerjasama dengan Kodim 0101/BS, Polresta Banda Aceh dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh membagikan sekitar 10.000 masker kepada pengguna jalan pasca kabut asap di Kota Banda Aceh semakin pekat pada Senin (23/9/2019).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBA Muhammad Syahril disela pembagian masker mengatakan, Banda Aceh sudah terpapar kabut asap sejak kemarin. Namun karena hari ini paparan kabut asap makin parah, pihaknya berinisiatif membagikan masker ke masyarakat, khususnya yang melewati kawasan Simpang Lima, Banda Aceh.

“Kalau besok kondisinya masih terpapar asap, mungkin kita gerak ke Simpang Mesra dan titik lainnya,” ujar Muhammad Syahril kepada wartawan.

Ia menyebutkan, untuk wilayah di Aceh yang parah terkena paparan kabut asap ialah daerah yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara, seperti Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Langsa. Informasi yang ia dapatkan, masyarakat di sana sudah terkena gejala ISPA.

“Kita minta BPBD di sana bekerja sama dengan puskesmas setempat agar masyarakat yang terpapar bisa segera ditangani di puskesmas. Jarak pandangnya 100-300 meter di sana,” kata Muhammad Syahril.

Di samping itu, BPBD Aceh juga akan mengirimkan 100.000 masker ke 10 BPBD di kabupaten/kota untuk disalurkan ke masyarakat daerah setempat.

BPBD Aceh menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah untuk menghindari terhirup langsung asap, yang berdampak buruk bagi kesehatan. Disarankan juga masyarakat banyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan. Jika merasa gejala sesak, batuk, dan mata perih, segera konsultasi ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper