Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruas Tol Kayuagung-Palembang Fungsional Oktober 2019

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan memastikan Jalan Tol Trans Sumatra ruas Kayuagung—Palembang segera dibuka untuk umum dan gratis selama masa fungsional pada awal Oktober 2019.
gerbang tol Kayuagung yang merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatra. Istimewa
gerbang tol Kayuagung yang merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatra. Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan memastikan Jalan Tol Trans Sumatra ruas Kayuagung—Palembang segera dibuka untuk umum dan gratis selama masa fungsional pada awal Oktober 2019.

 

Kepastian tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru usai melakukan rapat bersama Menteri BUMN RI Rini Soemarno dan jajarannya di Kantor Kementrian BUMN Jakarta pusat, Senin (9/9/2019).


Deru mengatakan fungsional ruas jalan tol tersebut rencananya akan dilakukan bersamaan dengan peresmian Jalan Tol Lampung--Palembang oleh Presiden RI Joko Widodo pada bulan depan.

"Menteri Rini mengatakan bahwa ruas jalan tol Kayuagung--Palembang itu sudah layak fungsi. Karena sudah layak fungsi itulah kata Bu Menteri jalan tol ini bisa digunakan masyarakat dan ini  tidak berbayar alias gratis,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (10/9/2019).


Menurut Deru, keberadaan Tol Kayuagung--Palembang dan terutama ruas  Palembang-Betung sudah dinantikan karena dapat memecah penumpukan truk yang masuk ke Palembang.

“Posisi sekarang itu setelah ada ruas tol Lampung adalah ruas Lintas Timur menjadi begitu padat. Jadi beberapa waktu setelah jalan tol itu jadi kecepatan tiba truk-truk besar dari Bakauheni  menjadi lebih awal dan akhirnya menumpuk di Palembang,” jelasnya.

 

Dia memaparkan kepadatan tersebut lantaran truk yang dari Sumsel, Lampung dan Jawa mengarah ke Jambi dan Musirawas dan Lubuk Linggau bahkan Bengkulu semua menumpuk di Palembang.

 

“Setelah tol Kayuagung--Palembang lanjut Tol Palembang--Betung ini sudah beres, penumpukan ini tentu bisa terpecah,” katanya.

Gubernur memastikan bahwa untuk tol Palembang--Betung tetap terealisasi sesuai target awal tahun 2020 bisa beroperasi.

Pasalnya, kata dia, semua masalah yang menghambat pembangunan ruas tersebut sudah clear termasuk pembebasan lahan.

 

Dia mengatakan pembangunan ruas tersebut akan lebih cepat jika masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sedang proses pengajuan.


Sementara itu Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengatakan pihaknya sudah mengecek kondisi jalan tol Kayuagung hingga Palembang beberapa waktu lalu.

 

“Saya sudah cek jalan tol dan saya lihat sampai Kayuagung semua sudah rapi. Sebab rencananya Pak Presiden mau mencoba langsung dari Bakauheni-Palembang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper