Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabut Asap : Dinkes Sumsel Bagikan 10.000 Masker

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan membagikan 10.000 alat pelindung diri berupa masker kepada masyarakat di sekitar Kota Palembang untuk mengurangi dampak bahaya dari polusi asap yang masih menyelimuti daerah itu.
Pelajar Gunakan Masker/Antara
Pelajar Gunakan Masker/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG -- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan membagikan 10.000 alat pelindung diri berupa masker  kepada masyarakat di sekitar Kota Palembang untuk mengurangi dampak bahaya dari polusi asap  yang masih menyelimuti daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi  Sumsel Lesty Nuraini mengatakan pembagian masker merupakan respon cepat yang tujuannya untuk menginisiasi dan mengedukasi masyarakat agar mulai menggunkan masker jika keluar rumah.

“ Untuk mengantisipasi dampak buruk karhutla (kebakaran hutan dan lahan), di mana pagi terasa adanya kabut yang cukup menghalangi jarak pandang dan dikhawatirkan mengganggu pernapasan/kesehatan,” katanya, Senin (9/9/2019).

Lesty menambahkan selain masker juga dibagikan selebaran berisi himbauan pada masyarakat bagaimana menghadapi musim kering dan asap supaya tidak sakit.

Lesty berharap agar masyarakat secara mandiri mampu mengatasi permasalahan kesehatan khususnya menghadapi dampak buruk asap yg bisa datang mendadak.

“Menggunakan masker saat berpergian keluar rumah dapat mengurangi paparan partikel kabut asap,” katanya.

Dia menjelaskan terpapar asap di ruang terbuka tanpa masker dalam waktu yang lama bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat jangan terlampau lama terpapar dengan kabut asap,  kalau pun lama lebih baik menggunakan masker.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kesehatan Trisnawarman menambahkan, pembagian masker telah dilakukan secara menyebar terutama di kabupaten/kota yang terdeteksi berdampak gangguan asap akibat karhutla.

“ Sudah banyak yang kita sebarkan sudah berapa puluh ribu masker yang kita kirimkan, nah ini untuk harini saja lebih kurang hampir 5000-10.000 masker lebih dibagikan,” katanya.

Dia berharap, masker ini mampu mengantisipasi atau sebagai alat pelindung diri terhadap asap, sehingga masyarakat tidak mudah terjangkit ISPA.  Selain itu pula kesadaran masyrakat juga sangat menentukan terhadap prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dinkes Provinsi Sumsel juga sudah mengirimkan surat himbauan atau edaran ke kabupaten/ kota untuk mencegah dengan memakai masker, dengan gizi yang cukup, jangan membakar lahan kemudian juga antisipasi lainnya, Karena kalau kondisi lemah sangat mungkin mudah terjadi ISPA,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil pemantauan kualitas udara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Sumsel, kualitas udara masih dalam kategori baik per tanggal 8 September 2019.

Menurut dinas tersebut, kategori baik adalah tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan maupun nilai estetika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper