Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agustus 2019, Inflasi Sumut Masih di Ambang Batas

Inflasi Sumatra Utara secara kumulatif pada Agustus 2019 masih mencatatkan inflasi sebesar 5,40 persen. Angka tersebut masih di atas angka sasaran atas nasional.

Bisnis.com, MEDAN— Inflasi Sumatra Utara secara kumulatif pada Agustus 2019 masih mencatatkan inflasi sebesar 5,40 persen. Angka tersebut masih di atas angka sasaran atas nasional.

Hanfsyah Aprilia, Kepala Seksi Statistik Harga Konsumen dan Harga Perdagangan Besar Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut mengatakan inflasi Sumut masih diangka nasional yang masih 2,48 persen.

Meski sudah menunjukan penurunan dibandingkan dengan Juli 0,88 persen, inflasi Sumut pada Agustus sebesar 0,18 persen. Namun, inflasi kumulatif semakin besar . Pasalnya, inflasi kumulatif pada Juli mencapai 5,21 persen .

“Terjadi karena ada dua dari empat kota yang dijadikan Indeks Harga Konsumen [IHK] masih mengalami inlasi yakni Medan 0,27 persen, dan Padangsidempuan sebesar 0,20 persen,” katanya dikutip Selasa(3/9/2019).

Inflasi terjadi karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks sebagian besar kelompok pengeluaran, yaitu kelompok bahan makanan sebesar 1,09 persen,.

Selanjutnya kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,06 persen, kelompok sandang sebesar 0,80 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,02 persen, dan kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga sebesar 0,59 persen.

Beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga di Kota Medan harga cabai merah masih mengalami kenaikan harga sebesar 9,67 persen cabai rawit 22,40 persen, emas perhiasan masih naik 3,76 persen, ikan dencis naik 2,50 persen, uang sekolah menengah pertama naik 1,99 persen. Uang SD naik 1,91 persen, harga ikan tongkol mengalami kenaikan 3,44 persen.

"Walaupun cabai merah masih menunjukkan kenaikan tapi relatif kecil bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Sibolga dan Pematangsiantar mengalami deflasi karena penurunan cabai yang masih kecil dibandingkan dengan tomat buah memberi andil cukup tinggi di dua kota ini," ungkap Hafsyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper