Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badan Restorasi Gambut Kembangkan Sumur Bor di Musi Banyuasin

BRG berupaya menyiapkan program pengembangan sumur bor di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kemarau seperti yang terjadi dalam sebulan terakhir ini.
Lahan gambut./Antara
Lahan gambut./Antara

Bisnis.com, PALEMBANG--Badan Restorasi Gambut (BRG) berupaya menyiapkan program pengembangan sumur bor di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kemarau seperti yang terjadi dalam sebulan terakhir ini.

"Sumur bor yang dibangun di Musi Banyuasin diupayakan ditambah karena kabupaten ini memiliki lahan gambut rawan terbakar yang cukup luas," kata Koordinator Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Sumsel, Edy Junaidi di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan, sepanjang 2019 ini telah dibangun 400 lebih sumur bor di areal lahan gambut di tiga kabupaten dalam wilayah Sumatera Selatan yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

Program pembangunan sumur bor, selain di daerah tersebut akan dikembangkan ke kabupaten lain yang tergolong rawan karhutla pada setiap musim kemarau sebagai langkah memaksimalkan upaya pencegahan.

Dalam musim kemarau 2019 ini, sumur bor yang ada cukup membantu masyarakat dan petani di tiga daerah rawan kebakaran lahan seperti Kabupaten Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin melakukan pembasahan lahan gambut.

Dengan pembasahan diharapkan bisa memperbaiki kerusakan lahan gambut dan mencegah terjadinya kebakaran lahan yang dapat mengganggu berbagai aktivitas dan kesehatan masyarakat.

Melalui kegiatan pembasahan tersebut, kebakaran lahan gambut dapat diminimalkan pada musim kemarau ini dan bisa dicegah bencana kabut asap yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas masyarakat.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper