Survei : 75% Penduduk Sumatra Utara Terhubung Internet

Data ini diperoleh dari 5.900 sampel dengan menggunakan kuesioner dan wawancara.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 16 Mei 2019  |  12:52 WIB
Survei : 75% Penduduk Sumatra Utara Terhubung Internet
Petugas memeriksa antena very small aperture terminal (VSAT) yang dihubungkan dengan satelit saat peluncuran Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (14/4/2019). Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dengan PT Dwi Tunggal Putra (DTP) akan membangun akses internet dan wifi gratis di desa-desa tertinggal dengan koneksi satelit. - Antara/Budiyanto

Bisnis.com, MEDAN — Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis hasil survei tentang penetrasi dan profil perilaku pengguna internet dan mencatat bahwa 75,3% populasi penduduk di Sumatra Utara terhubung ke internet.

Data ini diperoleh dari 5.900 sampel dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Kontrol kualitas survei sebesar 10% dari total sampel. Survei sendiri dilakukan pada 9 Maret hingga 14 April 2019.

Dari data tersebut didapatkan bahwa hanya 24,7% dari total populasi penduduk Sumatra Utara yang belum tersentuh internet. Artinya, sekira 10,5 juta orang telah merasakan internet dan sisanya sebanyak 3,5 juta orang belum terjangkau jaringan internet.

Bila dibandingkan dengan provinsi lain di Sumatra, penetrasi pengguna internet di Bengkulu dan Sumatra Barat justru lebih besar yakni dengan 85% dan 84,2% secara berturut-turut.

Sementara itu, bila dilihat dari jumlahnya, pengguna internet di Sumatra Utara berkontribusi sebesar 6,3% dari seluruh pengguna internet di Sumatra. Porsi ini menjadi yang terbesar bila dibandingkan provinsi lain seperti Lampung sebesar 3% dan Bengkulu serta Jambi yang hanya berkontribusi sebesar 0,6%.

Adapun, pengguna internet di Sumatra menyumbang porsi sebesar 21% terhadap jumlah pengguna internet secara nasional yakni 171,1 juta pengguna.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
internet, sumut

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top