Riau Bidik Kerja Sama Wisata Halal Dengan Malaysia

Pemprov Riau menyatakan keinginannya menjalin kerja sama pengembangan pariwisata halal dengan negara tetangga Malaysia.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  17:13 WIB
Riau Bidik Kerja Sama Wisata Halal Dengan Malaysia
Pengunjung menunggang kuda yang disediakan saat program wisata berkuda di Masjid Raya An-nur Pekanbaru, Riau, Selasa (14/5/2019). Program wisata berkuda ini difungsikan untuk memberi edukasi kepada masyarakat tentang olahraga berkuda sekaligus menjadi wisata jelang waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan. - Antara/Rony Muharrman
Bisnis.com, PEKANBARU — Pemprov Riau menyatakan keinginannya menjalin kerjasama pengembangan pariwisata halal dengan negara tetangga Malaysia.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan berdasarkan Global Muslim Travel Indeks (GMTI), Malaysia juga ditetapkan sebagai tujuan utama pariwisata halal dunia terbaik bersama Indonesia.
 
"Menurut GMTI Malaysia juga sudah ditetapkan sebagai tujuan wisata halal terbaik dunia bersama Indonesia, karena itu kami harap Riau dapat menjalin kerja sama, salah satunya dengan rencana rute penerbangan Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur-Pekanbaru," katanya Rabu (15/5/2019).
 
Data GMTI juga menyatakan Riau dan Kepulauan Riau berada di posisi ketiga untuk tujuan wisata halal terbaik dunia, setelah Lombok, dan Aceh.
 
Dengan posisi tersebut, Riau ingin kunjungan wisatawan ke daerahnya terus meningkat, salah satunya dengan menggandeng berbagai pihak termasuk dari negara tetangga Malaysia.
 
Adapun menurut data pemprov, angka kunjungan wisman di daerah itu pada 2018 mencapai 145.935 orang, naik dari sebelumnya di 2016 yang sebanyak 66.130 orang, dan 2017 yang sebanyak 91.484 orang. Sedangkan di Malaysia menurut data Tourism Malaysia menargetkan kunjungan wisman sebanyak 36 juta orang pada 2020 mendatang.
 
Sebelumnya Pemprov Riau menyambut baik rencana dibukanya jalur penerbangan Kuala Lumpur - Pekanbaru oleh maskapai Malaysia Airlines tahun ini.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pihaknya mendapatkan informasi rencana itu dari konsulat Malaysia di Pekanbaru.
 
"Kami senang dengan rencana rute penerbangan Pekanbaru- KL oleh Malaysia Airlines ini, kami harap mendongkrak kunjungan wisatawan," katanya.
 
Dari pemaparan konsulat Malaysia kepada pemprov, saat ini proses dibukanya rute penerbangan antar negara itu sudah pada tahap pengajuan perizinan di Kementerian Perhubungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, malaysia

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top