Ekonomi Riau Membaik, Naik Tipis Dibanding Periode Tahun Lalu

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat angka perekonomian daerah itu pada triwulan I/2019 mengalami naik tipis dibandingkan periode sama tahun lalu.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 06 Mei 2019  |  17:09 WIB
Ekonomi Riau Membaik, Naik Tipis Dibanding Periode Tahun Lalu
Jembatan Siak IV di Pekanbaru, Riau. - Antara/Rony Muharrman
Bisnis.com, PEKANBARU — Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat angka perekonomian daerah itu pada triwulan I/2019 naik tipis dibandingkan periode sama tahun lalu.
 
Kepala BPS Riau Aden Gultom mengatakan selama triwulan pertama tahun ini, ekonomi Riau tumbuh 2,88 persen atau naik sebesar 0,04 persen dibandingkan triwulan I/2018 yang sebesar 2,84 persen.
 
"Ekonomi Riau triwulan I-2019 tumbuh 2,88 persen (y-on-y), lebih baik dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya sebesar 2,84 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha kecuali Pertambangan dan Penggalian," katanya Senin (6/5/2019).
 
Aden menjelaskan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha Jasa Lainnya yang tumbuh 8,39 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Nonprofit yang Melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) yang tumbuh sebesar 14,23 persen.
 
Sementara itu Ekonomi Riau triwulan I-2019 mengalami kontraksi sebesar minus 2,86 persen terhadap triwulan IV-2018 (q-to-q). Dari sisi produksi, kontraksi ini terjadi akibat siklus musiman di kategori pertanian dan konstruksi. 
 
Lalu, dari sisi pengeluaran, kontraksi ini terjadi erat kaitannya dengan penurunan ekspor barang dan jasa ke luar negeri. Secara spasial, pada triwulan I- 2019 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 4,79 persen terhadap perekonomian nasional.
 
"Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-6 di Indonesia atau PDRB terbesar kedua di luar Pulau Jawa setelah Provinsi Sumatera Utara," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bps, Pertumbuhan Ekonomi, riau

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top