Kebakaran Lahan di Riau Mendekati 3.000 Hektare

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat lahan yang terbakar sepanjang awal tahun 2019 ini mencapai 2.957 hektare.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 03 Mei 2019  |  18:59 WIB
Kebakaran Lahan di Riau Mendekati 3.000 Hektare
Asap mengepul dari kebakaran lahan gambut di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa (21/2). - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat lahan yang terbakar sepanjang 2019 hingga awal Mei ini mencapai 2.957 hektare atau mendekati 3.000 hektare.

Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan daerah terbakar paling luas masih di Kabupaten Bengkalis mencapai 1.303 hektare, kemudian di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sekitar 475 hektare.

"Sepanjang cuaca panas yang terjadi beberapa waktu belakangan memang menyebabkan luas lahan terbakar secara jumlah terus meningkat. Upaya penanganan masih terus kami lakukan di lapangan," katanya, Jumat (3/5/2019).

Dia menjelaskan bahwa upaya penanganan lahan yang terbakar itu dilakukan oleh Satgas Karhutla melalui darat. Satgas Karhutla juga dibantu oleh TNI-Polri, BPBD dan Manggala Agni.

Selain melalui darat, upaya pemadaman di lahan terbakar juga dilakukan melalui udara dengan bom air.

BPBD sudah menyediakan sebanyak 13 helikopter yang siap diterjunkan apabila sewaktu-waktu diperlukan. Belum lama ini kebakaran menghanguskan setidaknya 15 hektare lahan di daerah Kubu (Rohil). 

"Kemudian di Menpura, Siak juga terbakar dua hektare. Di Talang Mandau, Bengkalis, juga terjadi kebakaran, hanya saja luasnya belum diketahui," katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, kebakaran hutan

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top