Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPU Bangka Barat Selesaikan 2 Jenis Surat Suara Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelesaikan rekapitulasi dua jenis surat suara Pemilu 2019.
Ilustrasi pelaksanaan Pemilu 2019/Reuters-Willy Kurniawan
Ilustrasi pelaksanaan Pemilu 2019/Reuters-Willy Kurniawan

Bisnis.com, MUNTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelesaikan rekapitulasi dua jenis surat suara Pemilu 2019.

"Dari pagi hingga sore hari ini kami sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten untuk dua jenis surat suara, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan anggota DPR RI," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Selasa (30/4/2019).

Menurut dia, proses rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pada Pemilu 2019 cukup lama karena banyaknya jenis pemilihan yang digelar.

Dia mengemukakan ada lima jenis pemilihan sehingga pelaksanaannya memakan waktu cukup lama, tetapi penyelenggara tetap optimistis pada hari ini akan mampu menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota DPR RI dan pemilihan anggoota DPD RI.

"Besok kami jadwalkan penghitungan hasil perolehan suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Babel dan pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat," ujarnya.

Hasil rekapitulasi pemilihan presiden dan wakil presiden di Kabupaten Bangka Barat, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul 33.533 suara dibandingkan dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Di seluruh enam kecamatan di daerah itu, Pasangan Nomor Urut 01 mendapatkan suara sebanyak 71.535 suara, sedangkan Nomor Urut 02 sebanyak 38.002 suara, dengan rincian Kecamatan Muntok pasangan Jokowi-Ma'ruf sebanyak 16.543 dan Prabowo-Sandiaga 10.554, di Kecamatan Simpangteritip pasangan Jokowi-Ma'ruf memperoleh 10.329 dan Prabowo-Sandiaga 5.866 suara.

Selanjutnya di Kecamatan Jebus pasangan Jokowi-Ma'ruf 7.752 suara, pasangan Prabowo-Sandiaga 4.612 suara, Kecamatan Kelapa Jokowi-Ma'ruf 12.937 suara, pasangan Prabowo-Sandiaga 7.298 suara, di Kecamatan Tempilang Jokowi-Ma'ruf 10.525 suara, pasangan Prabowo-Sandiaga 5.623 suara, dan di Kecamatan Parittiga pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan dukungan 13.449 suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga sebanyak 4.049 suara.

Pada pemilihan presiden dan wakil presiden, jumlah suara sah mencapai 109.537, suara tidak sah 2.747 dan jumlah keseluruhan pemilih sebanyak 112.284 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper