Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Restorasi Gambut di Jambi Capai 77.528 Hektare

BRG bersama pemerintah daerah serta LSM hingga Desember 2018 telah melakukan kegiatan restorasi gambut di Provinsi Jambi seluas 77.528 hektare.
Ilustrasi lahan gambut./Antara-Widodo S. Jusuf
Ilustrasi lahan gambut./Antara-Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAMBI - Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama pemerintah daerah serta lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan pihak lain hingga Desember 2018 telah melakukan kegiatan restorasi gambut di Provinsi Jambi seluas 77.528 hektare pada areal ekosistem gambut rusak.

Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A. Safitri mengatakan BRG dan Pemerintah Daerah Jambi terus melakukan upaya aktif restorasì ekosistem gambut melalui kegiatan pembasahan kembali (rewetting), revegelasi, revitalisasi sosial-ekonomi masyarakat dan program desa peduli gambut.

Hingga 2018, BRG telah melakukan pembasahan pada 77.528 hektare areal gambut yang rusak di Jambi hal itu terungkap dari diskusi BRG bersama media di Jambi yang membasah ekosistem gambut merupakan upaya awal pencegahan kebakaran.

"Namun, kita perlu tetap waspada karena kebakaran masih berpotensi terjadi. Kerusakan gambut yang sangat parah memerlukan waktu panjang untuk pemulihan karena gambut belum sepenuhnya kemball pada kondisi semula," kata Myrna.

Upaya restorasi gambut BRG juga menargetkan wilayah konsesi perkebunan yang diolah oleh pemilik wilayah konsesi dan wilayah hutan produksi yang tanggung jawab restorasi dibebankan kepada pemerintah daerah.

Peran BRG adalah mensupervisi konstruksi, operasi dan pemeliharaan infrastruktur agar upaya restorasi dilaksanakan dengan optimal.

Di Jambi luas areal target supervisi pada konsesi perkebunan adalah 38.954 hektare dan pada area kehutanan 43.656 hektare dan pelaksanaan supervisi BRG telah menjangkau 11.950 hektare dan akan terus berlanjut.

BRG bersama dengan pemda dan mitra LSM juga telah membangun Infrastruktur Pembasahan Gambut (PIPG) sejak 2016 dan hingga 2018 telah dilaksanakan intervensi pembasahan gambut oleh BRG sebanyak 437 unit sekat kanal, 294 unit sumur bor, 125 hektare lahan yang berhasil direvegetasi dan 42 kelompok masyarakat yang telah mendapatkan bantuan revitalisasi sosial ekonomi masyarakat.

Untuk memantau kinerja intervensi PIPG yang telah dibangun, BRG bersama mitra telah memasang 13 unit teknologi pemantauan tinggi muka air (TMA) di lahan gambut secara realtime melalul Sistem Pemantauan Air Lahan Gambut (SIPALAGA) di Jambi.

Myrna mengatakan BRG terus melakukan kegiatan-kegiatan penyiapan dan pemberdayaan masyarakat sekitar gambut melalul Program Desa Peduli Gambut (DPG).

Untuk Provinsi Jambi, program DPG pada 2017-2018 dilakukan BRG bersama para mitra pada 28 desa/kelurahan yang berada di Kabupaten Tanjungjabung Barat, Tanjungjabung Timur, dan Kabupaten Muarojambi.

"Program DPG berkontribusi pada peningkatan status kemajuan desa dan DPG diharapkan dapat menjadi salah satu cara agar upaya restorasi gambut berkelanjutan," kata Myrna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper