Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

200 UMKM di Pekanbaru Ikuti Pelatihan Gojek Wirausaha

Gojek, penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran berbasis aplikasi, menggandeng Kadin Wilayah Pekanbaru, menggelar pelatihan wirausaha. 
Pengemudi Gojek menanti orderan./Reuters-Beawiharta
Pengemudi Gojek menanti orderan./Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, PEKANBARU – Gojek, penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran berbasis aplikasi, menggandeng Kadin Wilayah Pekanbaru menggelar pelatihan wirausaha untuk mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Riau. 

District Head Gojek Provinsi Riau, Cut Emyra Fadhila, dalam keterangan resminya mengatakan program pelatihan manajemen bisnis dalam bentuk kelas tatap muka ini diikuti lebih dari 200 pengusaha UMKM yang memiliki minat untuk meningkatkan usaha mereka. 

"Gojek berbagi tips sukses mulai dari perencanaan bisnis hingga mengelola keuangan yang baik agar UMKM Riau, khususnya Kota Pekanbaru, bisa lebih mudah naik kelas," ungkapnya pada Senin (29/4/2019).

Program ini telah dijalankan Gojek secara nasional dalam program pelatihan Gojek Wirausaha. Lewat pelatihan ini, Gojek menyediakan paket lengkap baik bagi UMKM yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek, akses ke teknologi melalui platform Gojek sekaligus akses ke peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Riau Yulwiriati Moesa mengungkapkan UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian.

"UMKM sendiri dapat menyerap angkatan kerja yang selama ini belum mendapatkan pekerjaaan yang tetap, akan tetapi banyak permasalahan yang ada dalam mengembangkan UMKM sendiri salah satunya berkembang pesatnya pasar digital yang ada pada saat ini," tuturnya.

Akibat kondisi itu, menurut dia, masih banyak pelaku UMKM belum mengenal teknologi dalam melakukan pemasaran. Hal tersebut dapat menurunkan pendapatan mereka, bahkan lebih parahnya dapat memicu kebangkrutan.

Pihaknya juga mengapresiasi keberadaan Gojek sebagai perusahaan jasa transportasi berbasis teknologi yang didirikan oleh anak Indonesia yang peduli dengan UMKM. 

Bentuk kepedulian ini ditunjukkan dengan melakukan pelatihan pelaku UMKM tentang pemanfaatan teknologi melalui aplikasi Gojek untuk mengembangkan usaha yang telah dibangun oleh pelaku UMKM, sesuai dengan tema penyelenggaraan GO-Wirausaha ini yaitu “Lincah Mengembangkan Usaha”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper